Selasa, April 30, 2024

Tips Menghindari Stres Saat Kuliah

Tips menghindari stres saat kuliah tentunya sangat berguna untuk kamu praktikan di dalam kehidupanmu. Rasa stres menjadi salah satu kendala yang biasa mahasiswa alami. Meski stres dalam belajar adalah hal yang wajar, kamu tidak boleh menyepelekannya.

Rasa stres berlebih akan membuat kualitas belajarmu menurun. Oleh karena itu sebisa mungkin hindarilah stres yang membuatmu merasa terganggu. Tetaplah jaga pikiranmu agar terhindar dari stres.

6 Tips Menghindari Stres

Berikut beberapa tips menghindari stres saat kuliah.

Berpikir Positif

Tips menghindari stres yang paling dasar adalah dengan memperbaiki mindset. Jika kamu selalu berpikir positif maka tugas-tugas yang kamu punya akan terasa lebih mudah untuk kamu selesaikan. Begitu pun sebaliknya, jika kamu merasa terbebani dengan tugas yang ada maka hal tersebut bersumber dari pikiran negatif kamu.

Hindari juga perilaku overthinking yang akan membuatmu semakin tertekan dan stuck di satu titik. Overthinking akan membuatmu merasa sulit dalam mengerjakan tugas dan pada akhirnya kamu akan menundanya. Jika sudah seperti ini maka tugas akan semakin menumpuk dan bisa memicu terjadinya stres belajar.

Kelola Waktu dengan Baik

Jangan pernah membiasakan menunda mengerjakan tugas. Kerjakanlah tugas segera dan jangan menyia-nyiakan waktu yang kamu punya. Dengan begitu kamu dapat membagi waktu untuk hal-hal lain dengan baik.

Utamakanlah mengerjakan tugas terlebih dahulu, baru setelahnya kamu bisa bebas menggunakan sisa waktu yang kamu punya. Kamu juga akan lebih santai karena tugasmu sudah selesai.

Kendalikan Emosi

Tips menghindari stres yang satu ini sebenarnya bisa kamu lakukan dengan baik ketika kamu sudah memahaminya. Sebab, untuk dapat menghindarinya maka kamu harus mengenali emosi itu sendiri. Jika kamu sadar dengan emosi yang kamu miliki maka kamu juga akan lebih mudah untuk mengendalikannya.

Gunakan Teknik Pomodoro untuk Meningkatkan Fokus Saat Belajar

Meningkatkan fokus saat belajar memang bukan hal mudah bagi kebanyakan orang. Sebagai seorang siswa, belajar merupakan kewajiban yang tidak boleh dilewatkan. Bisa belajar dengan...

5 Rekomendasi Tema Buku Tahunan yang Unik dan Antimainstream

Rekomendasi tema buku tahunan kali ini bisa kamu jadikan sebagai referensi, loh. Setiap angkatan yang akan lulus biasanya mempunyai buku tahunan sebagai kenang-kenangan. Melihat...

Rekomendasi Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Gemar Membaca

Rekomendasi jurusan kuliah ini cocok banget buat kamu yang suka sekali membaca! Eits, jangan salah! Membaca bukan semata-mata keisengan yang nggak terlalu penting untuk...

Penerapan Model KWL dalam Pembelajaran Membaca Teks Narrative

Artikel ini berisi tentang Penerapan Model KWL dalam Pembelajaran Membaca Teks Narrative di SMP. Sebelum lebih lanjut membahas tentang penerapan Model KWL dalam pembelajaran...

Terpopuler

Lainnya