Selasa, September 17, 2024

4 Gejala Hoarding Disorder, Bahaya Gak Sih?

Pernah gak sih kamu ngalamin kejadian pengen banget membeli barang tapi sebenarnya kamu sadar barang ini gak begitu kamu butuhkan? Nah, kondisi seperti ini bisa jadi salah satu gejala hoarding disorder loh. Hoarding disorder adalah perilaku gemar menimbun barang yang tidak berharga.

Mereka melakukannya dengan dalih bahwa barang tersebut akan berguna di kemudian hari, mengingat momen-momen tertentu. Atau bisa juga karena merasa senang dengan adanya barang-barang tersebut. Orang yang memiliki masalah hoarding disorder ini biasanya sulit diobati. Gak sedikit juga orang yang ngerasa kalo hoarding disorder ini bukan suatu masalah yang harus mereka anggap secara serius.

Gejala Hoarding Disorder itu Apa?

Terus sebenarnya jika timbul gejala hoarding disorder ini bahaya gak sih bagi kehidupan kita? Meskipun terlihat sepele rupanya hoarding disorder ini punya dampak yang cukup serius. Hoarding disorder ini termasuk ke dalam gangguan jiwa, sering juga berhubungan dengan masalah kesehatan jiwa. Biasanya hal ini akan ahli kaitkan dengan kondisi depresi berat, masalah psikotik (seperti schizophrenia), dan OCD (Obsessive Compulsice Disorder).

Ada beberapa gejala hoarding disorder yang dapat kita amati. Hal ini bisa menjadi pengetahuan untuk kita semua agar kita maupun orang di sekitar kita bisa terhindar dari kondisi hoarding disorder ini.

Membeli barang yang sebenarnya gak kita butuhkan

Sejatinya kita akan membeli barang sesuai dengan kebutuhannya. Namun hal ini akan berbeda dengan mereka yang memiliki hoarding disorder. Mereka akan membeli barang apapun sesuai keinginan dan suasana hatinya tanpa memikirkan kegunaan atau manfaat dari barang tersebut.

Gejala hoarding disorder yang satu ini bisa kita kendalikan sedini mungkin. Jika kamu sudah mulai merasa gejala ini, cobalah untuk lebih berpikir panjang ketika ingin membeli sesuatu. Belilah barang sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan. Kamu harus bisa melawannya dan jangan sampai terus terlena begitu saja karena hal ini bisa berdampak pada keadaan ekonomi kamu sendiri.

Tips Memilih Warna Kutek agar Kuku Terlihat Cantik dan Elegan

Tips memilih warna kutek bisa kamu tentukan dengan melihat warna kulitmu. Sebagai negara yang mempunyai keanekaragaman suku, bangsa Indonesia memiliki beberapa jenis warna kulit....

5 Jenis Bahan Kain yang Umum Kita Gunakan, Kenali Ciri serta Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis bahan kain ada banyak sekali loh. Bagi kita yang tidak terlalu mengerti mungkin sekilas semua kain terlihat sama. Namun faktanya kain-kain ini terdiri...

6 Cara Terbaik Menghilangkan Rasa Bosan yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Menghilangkan rasa bosan tidak akan membingungkan jika kamu terus mencari dan mengulik macam-macam kegiatan yang disarankan. Pun, cobalah untuk menghilangkan sugesti bahwa cara mengatasi...

Cara Mudah Menanam Cabai Agar Cepat Berbuah

Cara mudah menanam cabai berikut ini bisa kamu coba di pot atau polybag. Langkahnya sederhana, kamu pasti bisa mengikutinya di rumah. Terutama buat kamu...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya