Selasa, April 30, 2024

7 Jenis Tepung Gluten Free Untuk Hidup yang Lebih Sehat

Saat ini banyak orang yang mulai memperhatikan masalah kesehatan terutama dalam mengonsumsi makanan. Hal ini juga yang mempengaruhi mengapa seseorang memilih tepung yang bebas gluten atau gluten free. Selain karena faktor kesehatan, ada juga yang beralasan karena sedang melakukan diet.

Beruntung, saat ini sudah banyak tepung yang bisa jadi penggantinya. Jadi, kue yang kamu buat akan tetap terasa enak dan lebih sehat karena menggunakan tepung yang bebas gluten. Berikut rekomendasi beberapa tepung bebas gluten dan cara menggunakannya.

Baca juga : Perhatian 5 Hal Ini Agar Bisa Tetap Bekerja di Awal Kehamilan

bJenis Tepung Gluten Free

Tepung Millet

Tepung millet atau jawawut berasal dari tanaman serelia. Jenis ini sering dijadikan sebagai pengganti tepung gluten untuk roti atau mie.

Millet mengandung vitamin B, folat, kalsium, zinc, kalium, iron, dan magnesium. Juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, mengurangi masalah pencernaan bahkan mencegah kanker.

Millet memiliki sedikit rasa kacang dan sangat cocok di gunakan untuk membuat panekuk dan wafel.

Tepung sorgum

Tepung sorgum adalah pilihan yang tepat jika ingin membuat kue yang gluten free. Teksturnya mirip dengan tepung gandum dan lebih lembut dari tepung millet.

Selain mengandung tiga jenis karbohidrat, sorgum juga tinggi serat dan mengandung sejumlah protein. Kue yang di buat dengan tepung sorgum cenderung memiliki warna yang lebih gelap dari biasanya.

Tepung kacang hitam

Kacang hitam juga merupakan salah satu alternatif untuk membuat kue yang gluten free. Tepung ini sangat cocok untuk membuat adonan brownies, kue kering, dan truffle coklat.

Sangat cocok dimasukan ke dalam adonan yang menggunakan coklat. Dengan begitu, rasa coklat yang kuat bisa menutupi rasa dari kacang hitamnya.

Tepung singkong

Tepung singkong juga bisa jadikan pengganti tepung untuk beragam kue dan roti. Selain itu, tepung ini juga memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan.

Perlu diingat bahwa tepung singkong itu tidak sama dengan tapioka, jadi jangan sampai salah ya!

Tepung almond

Selain kaya akan nutrisi, tepung almond juga rendah kalori. Tepung ini sangat cocok untuk membuat adonan kulit pie dan muffin.

Rasa tepung almond cenderung manis sehingga kamu bisa mengurangi takaran gula dalam adonan. Namun pastikan juga agar yang mengonsumsinya tidak alergi kacang-kacangan ya!

Tepung pati kentang

Tepung pati kentang atau potato starch berbeda dengan tepung kentang. Lebih bersifat untuk menyatukan adonan.

Kamu bisa menggabungkan tepung pati kentang, tepung tapioka, dan tepung beras cokelat untuk membuat campuran adonan yang sempurna.

Tepung beras cokelat

Pada dasarnya, semua beras itu gluten free. Namun tepung beras cokelat memiliki kelebihan berupa kandungan nutrisi yang lebih baik di banding tepung beras putih.

Tepung ini memiliki tekstur berpasir sehingga harus di perhatikan penggunaannya. Rasa akhir dari tepung ini mirip seperti kacang. (Willy/Djavatoday)

Macam-macam Olahraga Ringan yang Bisa dilakukan di Rumah

Macam-macam olahraga ringan ini bisa dilakukan meski tanpa alat dan di rumah saja. Olahraga merupakan kegiatan jasmani yang tidak boleh diabaikan guna menjaga kesehatan...

Jangan dibuang! Ini Dia 5 Manfaat Ampas Kopi yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat ampas kopi membawa pengaruh baik dalam kehidupan sehari-hari. Biji kopi yang melewati proses sangrai dan dihaluskan menjadi bubuk ini acap kali dikonsumsi oleh...

5 Tips Mengecilkan Betis dengan Mudah dan Cepat

Tips mengecilkan betis bisa berguna bagi siapapun, baik itu pria maupun wanita. Betis merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu mendapatkan latihan yang benar....

6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih menjadi salah satu peranan penting yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Dibanding minuman berperisa berkarbonat, air putih lebih sehat dikonsumsi karena...

Terpopuler

Lainnya