Sabtu, Mei 4, 2024

Puluhan Warga Ciamis Ikuti Operasi Katarak Gratis di RSUD Kawali

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 75 warga Ciamis mengikuti operasi katarak gratis di RSUD Kawali, Kamis (28/7/2022). Kegiatan bakti sosial ini digelar oleh Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) kerja sama dengan Dinas Kesehatan Ciamis.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya yang meninjau langsung kegiatan mengucapkan terimakasih. Sekaligus mengucapkan sempat datang kepada tim BKMM Cikampek.

Dalam kesempatan ini, Herdiat pun meminta kepada penyelenggara untuk melayani setiap pasien yang datang dan lolos skrining. Sementara dari 160 orang pendaftar dalam operasi katarak gratis ini hanya 75 orang yang dapat terlayani.

“Ibu bapak yang hadir jangan khawatir kalau tidak masuk dalam 75 orang ini. Saya akan bertanggung jawab,” ungkapnya.

Masyarakat yang menderita katarak datang dari berbagai daerah ke RSUD Kawali untuk mengikuti operasi. Seperti dari Pamarican, Lakbok dan Purwadadi.

Herdiat meminta jangan sampai ada masyarakat yang datang jauh untuk ikut operasi namun tidak terlayani karena habis kuota.

“Kalau ada 100 orang yang lolos skrining namun kuota 75 orang itu kasihan. Saya minta semua selesai hari ini atau besok jangan sampai ada jeda. Bila perlu sekarang langsung akan saya bayar,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Ciamis Yoyo menyebut kegiatan ini terselenggara atas pertemuan koordinasi dengan BKMM Cikampek. Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan indera bagi masyarakat miskin dan tidak mampu.

“Mengembalikan fungsi penglihatan agar kembali produktif dan tidak jadi beban tanggungan keluarga. Meningkatkan upaya penanggulangan kebutaan akibat katarak,” ucapnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Ibu dan Anak di Panawangan Ciamis Dibacok Tetangga, 1 Meninggal Dunia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ibu dan anak warga Dusun Gardu, Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Sarinah (76) dan Ian Ferdiansyah (41) jadi korban penganiayaan....

Suami di Ciamis Bunuh hingga Mutilasi Istri

Peringatan (trigger warning): Artikel ini mengandung konten kekerasan eksplisit yang dapat memicu kondisi emosi dan mental pembaca. Kami menyarankan Anda tidak meneruskan membacanya jika...

Disdukcapil Ciamis Cek Biometrik ODGJ di RSUD

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis Jabar melakukan cek biometrik terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di...

Pesan Pj Bupati Ciamis di Hari Pendidikan Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah tahun 2024 digelar di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, Kamis (02/05/2024). Tema Hardiknas...

Terpopuler

Lainnya