Senin, Mei 20, 2024

Diskominfo Ciamis Ajak Masyarakat untuk Pintar Menggunakan Medsos

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Perkembangan zaman dan digitalisasi tak bisa lagi dihindari. Pada era media sosial ini banyak berita hoaks atau bohong bermunculan di berbagai platform media sosial (medsos). Untuk itu Diskominfo Ciamis mengajak kepada semua masyarakat Tatar Galuh agar lebih pintar lagi dalam menggunakan medsos.

Kepala Diskominfo Ciamis Tino Armyanto menjelaskan saat ini masyarakat lebih mudah mengakses informasi. Mengingat semakin banyak yang menggunakan gawai smartphone. Sehingga berbagai informasi dapat dengan cepat menyebar.

Tentunya harus menyadari hal tersebut untuk memilih dan memilah sebuah informasi yang benar dan jelas sumbernya. Ada dampak positif dan negatif pada sebuah perkembangan teknologi saat ini.

“Dampak negatifnya dari oknum yang tidak bertanggung untuk menyebarkan informasi yang tidak benar keberadaannya atau hoaks. Untuk itu, kami Diskominfo Ciamis meminta masyarakat harus lebih pintar dalam menerima informasi dari medsos,” ungkap Tino, Sabtu (2/7/2022).

Informasi yang salah atau berita hoaks bakal menimbulkan persoalan. Seperti terjadinya konflik masyarakat, kecemasan hingga kegelisahan pada ruang publik. Mengingat masih banyak masyarakat yang belum bisa membedakan informasi yang benar dan hoaks.

“Memerangi berita bohong atau hoaks ini adalah tugas kita bersama. Pemerintah, insan pers dan perusahaan media serta masyarakat. Ketika menerima informasi sebaiknya mengecek sumber dan kejelasannya,” ucapnya.

Tino meminta masyarakat turut aktif memerangi hoaks atau berita bohong. Caranya dengan melaporkannya ke Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika yang berada di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2014 Tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif.

“Kewenangan untuk penutupan situs yang menyebarkan hoaks dari Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika yang berada di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika RI,” ungkapnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Mengunjungi Sentra Wajan Tradisional di Kampung Katel Sindangsari Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wajan adalah alat yang paling dibutuhkan oleh para ibu rumah tangga untuk memasak. Di Ciamis terdapat kampung katel atau sentra wajan...

Warga Cihaurbeuti Ciamis Dirawat di Rumah Sakit Usai Digigit Ular Hijau Berbisa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Elis Supriatin (34) warga Dusun Cidangiang, Desa Sukahurip, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, harus dirawat di rumah sakit. Ia digigit oleh ular...

Jelang Pilkada 2024, Aktivis Ciamis Dorong Bawaslu Pilih Anggota Panwascam yang Berkualitas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Aktivis Peduli Ciamis Eka Muntaha mendorong Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ciamis memilih anggota Panwascam yang berkualitas. Tidak boleh ada peserta yang...

Bangunan Laboratorium IPA SMP di Pamarican Ciamis Ambruk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Atap bangunan laboratorium IPA SMP Negeri 1 Pamarican, Kabupaten Ciamis, ambruk. Peristiwa itu terjadi ketika siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar, Jumat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya