Minggu, September 22, 2024

Jelang Hari Jadi Ciamis ke-380, Bupati dan Forkopimda Ziarah di 6 Makam

Djavatoday.com, Ciamis – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ciamis melaksanakan ziarah ke enam tempat pemakaman di Ciamis, Kamis (10/6/2022). Agenda ziarah makam leluhur Galuh dan Kabupaten Ciamis ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-380 Kabupaten Ciamis.

Berdasarkan pantauan Djavatoday.com, keenam lokasi ziarah tersebut yakni, Makam Raden Adipati Aria Panji Jayanegara, Desa Imbanagara; Makam Raden Tumenggung Wiradikusumah, Desa Imbanagara; Makam Raden Adipati Adikusumah, Makam Gunung Galuh, Desa Imbanagara. Kemudian, Makam Raden Adipati Kusumadiningrat, Jambansari, Selagangga; Makam Raden Adipati Arya Kusumah Subrata ,Sukasirna; dan Makam leluhur Astana Gede Kawali. 

Baca juga: Tradisi Ziarah Makam Bupati Galuh di Hari Jadi Ciamis

Dalam pelaksanaan kegiatan ziarah selalu diawali dengan pembacaan sejarah singkat oleh kuncen Makam dan do’a bersama, serta diakhiri tabur bunga oleh Forkopimda Ciamis.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menjelaskan, rangkaian ziarah makam para leluhur ini rutin setiap tahunnya dan seluruh unsur Forkopimda Ciamis turut serta mengikuti. Sehingga agenda ziarah termasuk salah satu dari rangkaian inti hari jadi Ciamis ke-380 yang jatuh pada tanggal 12 Juni 2022, mendatang.

“Untuk menghargai para leluhur terdahulu kita pada masa Kerajaan Galuh dan Kabupaten Ciamis, maka Napak tilas (ziarah) ini dilaksanakan sebagai penghormatan atas jasa mereka yang telah memajukan Ciamis,” ucapnya.

Baca juga: Silaturahmi dengan LLI, Bupati Ciamis: Dukungan Para Orang Tua Sangat Penting untuk Ciamis Maju

Kasus Covid-19 Terkendali, Hari Jadi Ciamis ke-380 Bisa Terlaksana

Herdiat menerangkan, situasi penanganan Covid-19 di Ciamis sudah terkendali. Sehingga serangkaian kegiatan Hari Jadi ke-380 bisa terlaksana.

“Alhamdulillah, secara grafik dan kondisi harian kasus Covid-19 di Kabupaten Ciamis sudah terkendali. Oleh karena itu rangkaian Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-380 bisa terlaksana dan masyarakat pun bisa turut serta termasuk pelaksanaan ziarah ini,” ungkapnya. 

Bupati Ciamis ini pun berharap di Peringatan Hari jadi ke-380 Kabupaten Ciamis bisa menumbuhkan semangat bangkit dari pandemi, dan menghargai para leluhur terdahulu.

“Peringatan hari jadi ke-380 Kabupaten Ciamis harus bisa terasa oleh seluruh masyarakat. Selain itu juga kita harus mengingat dan menghargai atas jasa para pendahulu kita dalam membangun Ciamis,” tutupnya. *ArifinAT/Djavatoday.com

4.168 Linmas Siap Diterjunkan Amankan Pelaksanaan Pilkada Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 4.168 anggota satuan perlindungan masyarakat (Linmas) di Kabupaten Ciamis, siap diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada Ciamis 2024. Dari jumlah tersebut...

Pastikan Hak Pilih Terjamin, KPU Ciamis Menyediakan Posko Pelayanan Pindah Memilih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Kabupaten Ciamis menyediakan posko pelayanan pindah memilih yang berada di Sekretariat KPU Ciamis, Sabtu (21/9/2024). Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU...

Tradisi Merlawu Situs Kabuyutan Gandoang, Pj Bupati Ciamis: Rawat Kearifan Lokal

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Desa Wanasigra, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, kembali menggelar Tradisi Merlawu di Situs Kabuyutan Gandoang, Jumat (20/9/2024). Pj Bupati Ciamis Engkus...

Partisipasi Pemilih Pilbup Ciamis Ditargetkan Lebih dari 80 Persen

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pilbup Ciamis hanya diikuti oleh satu pasangan calon. Ada kekhawatiran angka partisipasi pemilih di Pilbup Ciamis 2024 ini turun. Meski demikian,...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya