Sabtu, April 27, 2024

Bupati Ciamis Sebut Masih Butuh Tenaga Honorer, Sangat Membantu

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menanggapi kebijakan penghapusan tenaga honorer pada tahun 2023. Herdiat menyebut pemerintah daerah masih membutuhkan tenaga honorer. Terlebih saat ini Pemkab Ciamis sedang kekurangan ASN.

“Repot sebetulnya, semua honorer sangat membantu dan kita akui besar sekali manfaatnya,” ujar Herdiat usai kegiatan penyerahan uang kadeudeuh Korpri bagi ASN pensiun, Islamic Center, Selasa (7/6/2022).

Herdiat mengaku meski honorer sangat membantu dalam memberikan pelayanan, namun pihaknya akan ikuti aturan pusat. Yakni penghapusan honorer pada November 2023.

“Kalau aturan itu sudah aturan dan tidak boleh, kita ikuti ketentuan pemerintah pusat,” ungkapnya.

Sebelum penghapusan honorer, Herdiat berharap pemerintah pusat segera membuka rekrutmen aparatur sipil negara (ASN). Herdiat mengatakan Ciamis saat ini mengalami kekurangan ASN sebanyak 6.000 orang.

“Harapannya segera rekrutmen ASN paling tidak 4 ribu sampai 6 ribu orang, baru bisa kembali normal. Setelah 10 tahun moratorium Ciamis kekurangan ASN,” ucap Herdiat.

Herdiat menjelaskan, setiap tahun ASN Ciamis yang pensiun maupun meninggal dunia sebanyak 600-800 pegawai. Pada kegiatan kali ini saja periode November 2021-Mei 2022, sebanyak 466 orang ASN pensiun dan meninggal dunia. Mereka mendapat uang kadeudeuh dari Korpri Ciamis.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo resmi mengeluarkan surat edaran tentang penghapusan tenaga honorer pada 2023.

Penghapusan honorer itu tertuang dalam Surat Menteri PAN-RB perihal Status Kepegawaian di Lingkungan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dies Natalis ke 26, Universitas Galuh Ciamis Gelar Santunan

Djavatoday.com,- Dalam rangka Dies Natalis ke 26, Universitas Galuh Ciamis menggelar bakti sosial (Baksos) berupa menyantuni anak yatim yang berada di sekitar kampus. Kegiatan tersebut...

Herdiat Nyatakan Siap Kembali Maju jadi Bupati Ciamis di Pilkada 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Herdiat Sunarya yang merupakan mantan Bupati Ciamis menyatakan siap maju lagi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024. Pernyataan tersebut disampaikan Herdiat...

Calhaj di Kecamatan Baregbeg Ciamis Usianya Rata-rata Muda, Ada yang 23 Tahun

Berita Ciamis (Djavatoday.com),-- Calon jemaah haji (Calhaj) asal Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis pada tahun 2024 usianya rata-rata berusia muda, bahkan ada yang usianya 23...

Pastikan ASN Netral dalam Pilkada, PMII STITNU Datangi Pemda Pangandaran

Berita Pangandaran (Djavatoday.com),- Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat STITNU Al Farabi Pangandaran mendatangi Kantor Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Selasa (23/4/2024). Dalam pertemuan tersebut, mereka menyuarakan...

Terpopuler

Lainnya