Kamis, Mei 9, 2024

Ngarak Pataka Dimulai, Perayaan Hari Jadi Ciamis Lebih Meriah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Perayaan hari jadi Kabupaten Ciamis tahun 2022 ini cukup meriah. Kali ini Pemkab Ciamis menggelar Ngarak Pataka. Bupati Ciamis Herdiat Sunarya telah melepas rombongan arak-arakan di Halaman Pendopo, Sabtu (4/6/2022).

Awal prosesi dengan penyerahan bendera Pataka dari Bupati Ciamis kepada Camat Ciamis. Lalu Pataka itu diserahkan kepada anggota paskibra pembawa Pataka menuju ke mobil arak-arakan.

Rombongan arak-arakan terdiri dari mobil pembawa Pataka, mobil pelayanan instansi pemerintah, BPBD, Tagana, perbankan dan lainnya sebanyak belasan. Lokasi pertama adalah Lapang Diktakerti Kecamatan Pamarican. Di sepanjang jalan yang dilalui rombongan Pataka ini disambut antusias warga dan anak-anak sekolah.

Rombongan Ngarak Pataka keesokan harinya melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Rajadesa. Lalu ke Kecamatan Lumbung, Kecamatan Sukamantri dan terakhir di Kecamatan Cikoneng.

Di setiap lokasi yang disinggahi digelar berbagai acara kesenian dan pameran. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Hari Krida Pertanian (HKP) ke 50, diisi dengan gelar produk pertanian, layanan kesehatan, layanan perizinan dan lainnya.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan Ngarak Pataka ini untuk mensosialisasikan kepada warga, setiap tanggal 12 Juni adalah hari jadi Ciamis. Mengingat masih banyak warga yang tidak mengetahuinya. Sekaligus untuk mendekatkan pemerintah dengan warga Tatar Galuh.

“Kegiatan ini juga supaya warga di daerah ikut merayakan hari jadi. Tidak hanya warga yang berada di pusat kota saja. Sekaligus juga untuk memecah kerumunan, mengingat saat ini masih pandemi Covid-19,” ujar Herdiat. (Ayu/CN/Djavatoday)

Hasil Pemeriksaan Kejiwaan Pelaku Mutilasi Istri di Ciamis Dirujuk ke RS Jiwa Cisarua

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polisi telah melakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap Tarsum (41), pelaku pembunuhan dan pemutilasi istrinya. Periksaan kejiwaan dilakukan oleh dokter Andi Fatimah spesialis...

Warga Gunungcupu Ciamis Geger Temukan Mayat Lansia Mengambang di Kolam Ikan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Gunungcupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, geger dengan penemuan mayat lansia perempuan tanpa identitas. Warga menemukan mayat lansia itu mengambang di...

Hebat! 95 Lulusan SMA Negeri 1 Ciamis Diterima di Perguruan Tinggi Negeri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 95 Siswa SMA Negeri 1 Ciamis tahun 2024 berhasil masuk perguruan tinggi negeri favorit. Mereka masuk melalui jalur Seleksi Nasional...

Festival Literasi dan Numerasi Sukses Digelar Kampus Mengajar di SDN 2 Imbanagara

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Festival Literasi dan Numerasi Sukses digelar Kampus Mengajar di SDN 2 Imbanagara Ciamis, pada Selasa, 7 Mei 2024. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL),...

Terpopuler

Lainnya