Sabtu, September 21, 2024

Pemkab Ciamis Launching BUMDes Award

Djavatoday.com, Ciamis – Upaya memberikan apresiasi terhadap perekonomian Lokal Desa, Pemerintah kabupaten Ciamis me-launching Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Award. Peluncuran BUMDes Award dilaksanakan di Islamic Center Ciamis, Senin (23/05/2022). 

BUMDes Awad 2022 merupakan hasil kerjasama antara Pemkab Ciamis dan Kejaksaan Negeri Ciamis. Tujuannya untuk menumbuhkan motivasi dan kinerja BUMDes di seluruh Kabupaten Ciamis. 

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya bersama Wakil Bupati Ciamis beserta jajaran Forkopimda meresmikan kegiatan tersebut dengan pemukulan gong. 

Dalam sambutannya, Herdiat menyampaikan apresiasinya kepada Kajari Ciamis yang telah menggagas acara launching BUMDes Awards tersebut. 

“BUMDes Award merupakan gagasan hasil perbincangan dengan Kajati, dan kegiatan ini sejalan dengan visi misi Kabupaten Ciamis,” ucapnya. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, Kabupaten Ciamis memiliki sumber daya alam yang luar biasa, sehingga potensi tersebut seharusnya terkelola dengan maksimal oleh Desa. 

“Potensi Ciamis alam Ciamis apabila terkeloladengan maksimal pastinya dapat menumbuhkan perekonomian Desa,” jelasnya.. 

Menurut Herdiat, maju dan tidaknya BUMDes tergantung kepada kemampuan Kepala Desa nya selaku Owner. 

“BUMdes pemiliknya Kepala Desa, peran kades sangat penting untuk menentukan maju dan mundurnya BUMDes,” terangnya.

Selanjutnya, Dalam kesempatan tersebut Bupati Ciamis me-launching buku karangannya bersama Kurniawan dengan judul ‘Membangun Perekonomian Daerah pada Masa Pandemi melalui Optimalisasi Peran BUMDes’.

“Berbagai teori-teori dan beberapa pengalaman pribadi tertuang dalam buku ini. Terutama pengalaman di masa menghadapi pandemi Covid-19 di Kabupaten Ciamis” ungkapnya.

Bupati Ciamis ini pun mengharapkan melalui launchingnya buku tersebut dapat bermanfaat, menambah ilmu dan wawasan bagi para pembacanya. 

“Harapannya buku ini bermanfaat bagi masyarakat Ciamis dan berkontribusi dalam mendukung perekonomian lokal desa, ” harap Herdiat.*ArifinAT/Djavatoday.com

4.168 Linmas Siap Diterjunkan Amankan Pelaksanaan Pilkada Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 4.168 anggota satuan perlindungan masyarakat (Linmas) di Kabupaten Ciamis, siap diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada Ciamis 2024. Dari jumlah tersebut...

Pastikan Hak Pilih Terjamin, KPU Ciamis Menyediakan Posko Pelayanan Pindah Memilih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Kabupaten Ciamis menyediakan posko pelayanan pindah memilih yang berada di Sekretariat KPU Ciamis, Sabtu (21/9/2024). Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU...

Tradisi Merlawu Situs Kabuyutan Gandoang, Pj Bupati Ciamis: Rawat Kearifan Lokal

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Desa Wanasigra, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, kembali menggelar Tradisi Merlawu di Situs Kabuyutan Gandoang, Jumat (20/9/2024). Pj Bupati Ciamis Engkus...

Partisipasi Pemilih Pilbup Ciamis Ditargetkan Lebih dari 80 Persen

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pilbup Ciamis hanya diikuti oleh satu pasangan calon. Ada kekhawatiran angka partisipasi pemilih di Pilbup Ciamis 2024 ini turun. Meski demikian,...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya