Kamis, Mei 16, 2024

Bupati Ciamis Tanggung Biaya Pengobatan Bayi yang Punya Benjolan Mirip Kepala

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bayi perempuan asal Cimaragas, Ciamis, Jawa Barat, mengalami benjolan besar pada atas kepala yang menyerupai kepala. Kondisi itu diketahui ketika bayi dilahirkan di RSUD Kota Banjar, Selasa (10/5/2022) Lalu. Kemudian pihak keluarga membawa bayi tersebut ke RSUD Ciamis untuk menjalani perawatan.

Awalnya mengira bayi mengalami kembar Siam, lantaran benjolan tersebut ukurannya hampir sama dengan kepala bayi. Namun setelah melakukan pemeriksaan ternyata benjolan itu adalah cairan.

“Jadi ketika lahir ada saluran terbuka yang menyebabkan peralihan cairan menjadi benjolan tersebut,” ujar Bayu Yudiawan, Kabid Pelayanan Medis RSUD Ciamis, Rabu (18/5/2022).

Setelah beberapa hari mendapat perawatan, keluarga kemudian membawanya pulang. Namun kondisi bayi mengalami gangguan sehingga harus kembali lagi ke RSUD Ciamis pada Rabu (18/5/2022).

“Kondisinya terkendali, baik. Setelah stabil baru melakukan tindakan. Alhamdulillah sistem saraf pusat aman,” ungkapnya.

Sementara itu, Fouad Hakiem, Dokter Anak RSUD Ciamis mengatakan untuk tindakan operasi akan dilakukan di RSUD Banjar. Mengingat di Ciamis belum ada fasilitas bedah saraf.

“Kami rekonstruksi untuk bagian benjolan. Masuknya kasus bedah saraf. Menunggu kondisinya stabil,” ungkapnya.

Mengetahui ada bayi yang mengalami benjolan di kepala, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya langsung menjenguk ke RSUD Ciamis. Herdiat pun memastikan semua pengobatan dan biaya operasi menjadi tanggung jawabnya.

“Awalnya dikira kembar Siam ternyata bukan. Kebetulan orang tuanya tidak mampu, jadi pengobatan tanggung jawab saya,” tegasnya.

Sementara itu ibunda dari bayi tersebut, Dian Ratna Winingsih (32) menuturkan awalnya kondisi bayinya terlahir secara normal. Namun tidak menyadari bahwa kondisi bayi mengalami kelainan di kepala.

“Saya tidak sadar ada benjolan pada kepala. Setelah seminggu dirawat di Banjar, kemudian dibawa ke RSUD Ciamis. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu untuk kesembuhan anak saya,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Raih Hasil Imbang Atas Persip Pekalongan 3-3, PSGC Ciamis Lolos ke 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com), - PSGC Ciamis lolos ke babak 16 besar Liga 3 Nasional. Dalam laga terakhir di grup 3, PSGC Ciamis berhasil mengimbangi...

Siswa SMA Informatika Ciamis Dapat Motivasi Kehidupan dari Dirut Pesona Kahuripan Angga Budi Kusuma

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan siswa SMA Informatika Ciamis mendapat motivasi kehidupan dari Dirut Pesona Kahuripan Angga Budi Kusuma. Motivasi dari pengembang rumah bersubsidi terbesar...

Pj Bupati Ciamis Lepas Penyaluran Beras Pemerintah Bantuan Pangan 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna melepas penyaluran cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan 2024 Kabupaten Ciamis tahap dua alokasi April-Juni. Pelepasan...

Soal Studi Tur, Pj Bupati Ciamis Ingatkan Sekolah Selektif Tentukan Jasa Angkutan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tragedi bus terguling yang merenggut nyawa 11 siswa studi tur yang terjadi di Subang menjadi perhatian semua pihak. Seperti Pj Bupati...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya