Senin, April 29, 2024

Rawan Bencana, Pemkab Ciamis Apel Sinergitas Hadapi Bencana

Ciamis (Djavatoday.com) – Saat ini sejumlah bencana akibat curah hujan tinggi terjadi di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Untuk itu, Pemkab Ciamis meningkatkan kesiagaan dengan melakukan apel sinergitas penanggulangan bencana bersama Polres Ciamis, Kodim 0613 Ciamis, BPBD di halaman Pendopo, Selasa (27/10/2020). Ciamis termasuk daerah rawan bencana.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menuturkan menurut informasi BNPB Ciamis berada pada posisi 16 tingkat nasional dan posisi 5 tingkat provinsi dalam kerawaran bencana. Bahkan sejak beberapa hari ini telah terjadi beberapa bencana seperti longsor dan banjir.

“Banyak potensi dan rawan bencana di Ciamis seperti tanah longsor, banjir dan angin kencang. Untuk itu dengan sinergitas ini kita harus siaga untuk mengatasi bencana,” ujar Herdiat.

Herdiat mengajak seluruh pihak dari pemerintah, BUMD, BUMN dan swasta untuk berpartisipasi dalam upaya penanggulangan bencana sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

“Dengan sinergitas ini diharapkan dapat memfasilitasi ruang partisipasi seluruh pihak dan memobilisasi  berbagai sumber yang ada untuk melakukan penanganan bencana darurat,” terangnya.

Herdiat mengataka cuaca sekarang begitu ekstrem sehingga rawan bencana. Saat ini yang telah dan sedang terjadi adalah bencana banjir yang terjadi di beberapa wilayah. Yakni Kecamatan Banjarsari, Lakbok dan Kecamatan Purwadadi. Selain banjir juga terjadi longsor di beberapa titik.

“Saya harapkan semua pihak membantu mensosialisasikan ke masyarakat agar waspada  menghadapi potensi bencana alam yang kapanpun bisa terjadi. Karena Ciamis salah satu daerah rawan bencana,” pungkasnya. (CN/Djavatoday)

Rowo Jombor Klaten, Nikmati Kuliner di Warung Apung

Rowo Jombor Klaten merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau dengan konsep wisata kuliner. Setiap wisatawan bisa menikmati keindahan danau atau rawa...

Curug Pinang Baturraden, Nyaman untuk Piknik dan Barbekuan!

Curug Pinang Baturraden merupakan salah satu objek wisata yang meramaikan khazanah pariwisata Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun dengan...

PSGC Ciamis Raih Tiga Poin Pertama Usai Kandaskan Persitara 3-1

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis menang atas Persitara Jakarta Utara dengan skor meyakinkan 3-1 dalam pertandingan pertama grup G Liga 3 Nasional. Pertandingan digelar...

Upaya Pemkab Ciamis Dorong Sektor Pariwisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna meninjau dua lokasi wisata unggulan di Kabupaten Ciamis yakni Situ Wangi dan Situ Lengkong Panjalu. Hal...

Terpopuler

Lainnya