Selasa, Mei 21, 2024

Wagub Jabar Perkirakan Tidak Ada Lonjakan Covid-19 Usai Libur Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum memperkirakan tidak akan ada lonjakan Covid-19 usai libur lebaran 2022 ini. Hal tersebut ia sampaikan usai mengecek kesiapan RSUD Ciamis untuk menghadapi adanya lonjakan virus Corona, Sabtu (7/5/2022).

“Saya cek rumah sakit persiapan dalam menghadapi pasca lebaran ini. Saya punya feeling tidak akan ada lonjakan Covid seperti tahun lalu,” ungkap Uu.

Uu menyebut saat ini bed occupancy rate (BOR) rumah sakit tingkat Provinsi Jabar sudah nyaris 0 persen. Bahkan BOR setiap daerah pun sudah nihil.

Namun untuk mengantisipasi adanya lonjakan gelombang Covid, setiap rumah sakit daerah harus sudah melakukan persiapan menghadapi lonjakan Covid-19 setelah libur lebaran ini.

“Ciamis sudah sangat siap sekali. Bukan menantang adanya Covid-19, tapi bentuknya persiapan. Dari IGD, ruang isolasi, kekurangan oksigen sudah ada dengan oksigen sentral,” ucapnya.

Rumah sakit harus memisahkan lokasi perawatan umum dan perawatan Covid-19. Tenaga kesehatannya pun harus khusus dan jangan bertugas pada pekerjaan lain.

“Kami bangga daerah pun menyatakan sudah siap,” tegasnya.

Terkait dengan isolasi mandiri, di Ciamis tidak ada lagi sentral namun diserahkan ke kelurahan dan desa. Perawatan pun mulai dari tingkat puskesmas. Sehingga ketika ada pasien bergejala jangan langsung membawanya ke rumah sakit.

“Bisa ditangani di Puskesmas langsung dirawat di situ, oksigen sudah ada dan lainnya sudah siap. Semoga Covid-19 akan segera berakhir. Maka kita persiapkan kehidupan ke depan di Jabar. Tapi masyarakat saat ini tetap jalankan protokol kesehatan,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Kafilah MTQ Berprestasi di Provinsi Dapat Tabungan Umrah dari Pemkab Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis memberikan uang kadeudeuh bagi Kafilah MTQ Ciamis yah berprestasi di tingkat Provinsi Jabar 2024. Uang kadeudeuh itu berupa tabungan...

Anggota Polres Ciamis Dites Urine, Kedapatan Pakai Narkoba Akan Disanksi Berat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Anggota Polres Ciamis menjalani tes urine, Senin (20/5/2024). Tes urine tersebut digelar oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Ciamis Polda Jabar. Semua...

Jelang Kejuaraan Sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Kecamatan Baregbeg Seleksi Pemain

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang kejuaraan sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Pemerintah Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis melakukan seleksi pemain. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Desa...

Pj Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Gotong Royong Tangani Stunting

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna mengajak masyarakat gotong royong menangani stunting. Hal itu Engkus sampaikan saat meresmikan Gedung Posyandu Bunga Mawar...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya