Sabtu, April 27, 2024

Selama Ramadan, KBM SD di Ciamis Khusus Belajar Agama

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Selama bulan suci Ramadan, para siswa SD di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, khusus belajar agama. Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis telah mengeluarkan edaran tersebut.

Seperti siswa SDN 4 Kertasari, Selasa (5/4/2022) yang menggelar kegiatan keagamaan. Dilaksanakan di Masjid sekitar sekolah dengan pengawasan dari guru. Terlihat pada siswa pun terlihat antusias belajar agama dari guru ngaji.

Kadisdik Ciamis Asep Saeful Rahmat mengatakan siswa SD selama bulan Ramadan ini hanya kegiatan keagamaan saja. Untuk pelaksanaannya bisa dilaksanakan dimana saja, baik sekolah maupun pusat keagamaan lingkungan sekitar.

Sedangkan untuk tingkat SMP, kelas 7 dan 8 sementara tidak ke sekolah. Mengingat ada kelas 9 yang tengah melaksanakan ujian sekolah. Para siswa kelas 7 dan 8 bisa melaksanakan kegiatan kegamaan pada tempatnya masing-masing.

“Selama Ramadan ini KBM khusus untuk belajar agama, tidak materi pembelajaran biasanya,” kata Asep, Selasa (5/4/2022).

Tak hanya itu, Kadisdik pun menyebut akan memberikan fasilitas dengan memberikan materi keagamaan lewat daring. Sehingga semua siswa bisa mengikutinya hanya dengan menyaksikan tayangan podcast lewat internet.

Sementara itu, Kepala SDN 4 Kertasari Endin mengatakan kegiatan keagamaan dalam rangka mengisi bulan Ramadan. Namun ada dua tahapan kegiatan oleh SDN 4 Kertasari. Pertama melaksanakan pengajian dan kedua materi biasa.

“Durasinya 1 jam kegiatan keagamaan dari jam 08.00-09.00 WIB. Kemudian jam 09.00-10.00 WIB kegiatan belajar biasa di kelas masing-masing,” ungkapnya.

Endin mengatakan kegiatan kegamaan ini tujuannya untuk membentuk karakter siswa sesuai ajaran agama yang dianutnya. Menjadi anak yang memiliki ketakwaan dan keimanan.

“Memiliki rasa hormat kepada orang tua di rumah dan guru di sekolah. Mengetahui makna melaksanakan puasa di bulan Ramadan,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dies Natalis ke 26, Universitas Galuh Ciamis Gelar Santunan

Djavatoday.com,- Dalam rangka Dies Natalis ke 26, Universitas Galuh Ciamis menggelar bakti sosial (Baksos) berupa menyantuni anak yatim yang berada di sekitar kampus. Kegiatan tersebut...

Herdiat Nyatakan Siap Kembali Maju jadi Bupati Ciamis di Pilkada 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Herdiat Sunarya yang merupakan mantan Bupati Ciamis menyatakan siap maju lagi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024. Pernyataan tersebut disampaikan Herdiat...

Calhaj di Kecamatan Baregbeg Ciamis Usianya Rata-rata Muda, Ada yang 23 Tahun

Berita Ciamis (Djavatoday.com),-- Calon jemaah haji (Calhaj) asal Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis pada tahun 2024 usianya rata-rata berusia muda, bahkan ada yang usianya 23...

Pastikan ASN Netral dalam Pilkada, PMII STITNU Datangi Pemda Pangandaran

Berita Pangandaran (Djavatoday.com),- Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat STITNU Al Farabi Pangandaran mendatangi Kantor Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Selasa (23/4/2024). Dalam pertemuan tersebut, mereka menyuarakan...

Terpopuler

Lainnya