Senin, Mei 6, 2024

Wabup Ciamis Sebut Tiga Upaya Pemerintah Menanggapi Bonus Demografi

Djavatoday.com, Ciamis – Berbagai daerah di Indonesia saat ini sedang menghadapi bonus demografi. Kondisi bonus demografi dimana masyarakat yang usia produktif lebih tinggi dan akan berdampak baik bagi kehidupan apabila dikelola dengan baik.

Demikian, disampaikan Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra saat memberikan sambutan pada penutupan Smith Expression Tahun 2022 di Aula SMK Miftahussalam, Kecamatan Cijeungjing, Ciamis, Jawa Barat, Kamis (17/03/2022). 

“Milenial hari ini merupakan bagian dari Bonus Demografi. Oleh karenanya harus dikelola dengan baik agar berdampak baik terhadap segala aspek kehidupan di masa depan,” ucapnya.

Menghadapi bonus demografi, Yana menyebutkan ada tiga upaya yang harus dilakukan pemerintah dalam optimalisasi dan pengelolaannya. 

Pertama, memberikan akses kesehatan sebaik baiknya. Kedua, memberikan akses pendidikan sebaik-baiknya. Ketiga, menciptakan lapangan pekerjaan.

Ketiga langkah ini menurutnya menjadi hal penting yang mesti dilakukan agar bonus demografi berdampak baik.

“Era mendatang, kompetensi personal harus dimiliki disamping bukti legalitas melalui pendidikan. Oleh karena, kepada para pelajar saat ini agar mengasah bidang kemampuannya agar bisa menjadi sumber penghidupannya kelak,” imbuhnya.

Yana menambahkan, situasi pandemi Covid-19 telah berdampak sangat luas di hampir seluruh sendi kehidupan. Generasi milenial dituntut untuk mampu berpikir kreatif dan inovatif. 

“Pandemi penghambat berbagai aktivitas di berbagai bidang kehidupan. Orang yang memiliki kreatifitas dan inovasi pastinya akan muncul dan mampu survive dalam situasi yang serba tak menentu ini,”

“Tantangan generasi muda kedepannya sangat komplek. Maka kuasai kompetensi digital dan ikuti perkembangan zaman agar kita tidak hanya jadi penonton saja, namun jadi pemain dan mampu bersaing,” tutupnya. ArifinAT/Djavatoday.com

Dugaan Motif Tarsum Bunuh hingga Mutilasi Istri gegara Masalah Ekonomi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polisi mengungkap dugaan sementara motif kasus pembunuhan yang terjadi di Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis. Tarsum (41) dengan sadis membunuh...

Kalahkan Labura Hebat FC 3-1, PSGC Ciamis Melaju ke Babak 32 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis dipastikan lolos ke babak 32 besar Liga 3 Nasional. Dalam laga ketiga grup G, PSGC Ciamis berhasil mengalahkan Labura...

Herdiat Silaturahmi ke Partai Gerindra, Siap Maju di Pilkada Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Herdiat Sunarya menyatakan siap kembali maju di Pilkada Ciamis 2024. Hal itu sesuai dengan dorongan dan keinginan para relawan yang menunggu...

Jelang Pilbup Ciamis 2024, PDIP dan PPP Akan Koalisi?

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pengurus DPC PDIP Ciamis melakukan silaturahmi politik ke PPP Ciamis, Jumat (3/5/2024). Silaturahmi ini dilakukan menjelang Pilkada atau Pemilihan Bupati (Pilbup)...

Terpopuler

Lainnya