Selasa, Mei 14, 2024

Antisipasi Pohon Tumbang, Bupati Ciamis Imbau Warga Lakukan Ini

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berdasarkan BMKG, curah hujan di Kabupaten Ciamis cukup tinggi. Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengimbau warga untuk waspada. Terutama untuk antisipasi pohon tumbang yang berpotensi menimpa rumah atau kendaraan.

Untuk itu, Herdiat meminta masyarakat untuk memangkas pohon yang sekiranya berpotensi membahayakan. Terutama pohon besar pinggir jalan atau dekat rumah.

“Hujan saat ini disertai dengan angin kencang sehingga rawan pohon tumbang. Masyarakat yang punya pohon tinggi dan besar yang rawan tumbang tolong pangkas,” ungkap Herdiat, Jumat (4/2/2022).

Belakangan ini, peristiwa pohon tumbang kerap terjadi saat hujan deras dengan angin kencang. Bahkan pohon tersebut menimpa sejumlah rumah dan kendaraan. Peristiwa itu terjadi hampir di setiap wilayah baik di kota maupun di kecamatan-kecamatan.

“Cuaca ekstrim ini prediksi dari BMKG berlangsung dari Januari sampai Maret. Saat ini kita bisa merasakannya. Hujan deras beserta angin kencang, tentunya perlu kehati-hatian dan antisipasi,” ucap Herdiat.

Selain antisipasi pohon tumbang, saat cuaca ekstrim ini Herdiat mengajak warga untuk memperbaiki dan membersihkan saluran air. Hal ini bisa menimbulkan bencana banjir apabila saluran air mampet. Mengingat saat hujan volume air akan meningkat.

“Beberapa waktu lalu sempat viral terjadi banjir akibat drainase tidak berfungsi dengan baik. Seperti yang terjadi pada pasar dan terminal,” ungkapnya.

Herdiat pun meminta desa dan kecamatan untuk mengimbau warganya untuk waspada bencana saat musim hujan. Melakukan gotong royong membersihkan saluran air dan membersihkan lingkungan. (Ayu/CN/Djavatoday)

Jelang Idul Adha, Pj Bupati Ciamis Sidak Pasar Pantau Harga Kebutuhan Pokok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang Idul Adha, Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna melakukan sidak ke sejumlah pasar, Senin (13/5/2024). Sidak tersebut bertujuan untuk mengendalikan inflasi. Ada...

Babak 32 Besar Liga Nasional, PSGC Ciamis Ditahan Imbang Dejan FC 2-2

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis meraih hasil imbang dalam laga kedua grup 3 babak 32 besar Liga 3 Nasional. PSGC Ciamis berbagi poin dengan...

Upaya Dinas Pariwisata Ciamis Antisipasi Pungli di Obyek Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata Ciamis pun berupaya untuk melakukan pencegahan terhadap pungutan liar (pungli di berbagai obyek wisata di Ciamis. Baik yang dikelola...

Dua Pemuda di Ciamis Meninggal Dunia Tenggelam di Sungai Ciseel

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua orang pemuda Egi (29) dan Rizki Riza (29) dikabarkan tenggelam saat berenang di Sungai Ciseel, Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya