Jumat, September 20, 2024

Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat di Ciamis Penting Untuk Wujudkan Desa Siaga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Keberadaan Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) pada setiap desa di Ciamis sangat dibutuhkan. Tujuannya untuk mewujudkan kesehatan masyarakat desa. UKBM merupakan salah satu indikator dari Desa Siaga Aktif.

Desa siaga merupakan desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya. Punya kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana, dan kegawatdaruratan, kesehatan secara mandiri. Guna terwujudnya masyarakat desa yang sehat, peduli, dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan di wilayahnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Dinas Kesehatan Ciamis memberikan arahan untuk 37 tenaga Promkes dalam pertemuan evaluasi UKBM 2022. Kepala Dinas Kesehatan Ciamis Yoyo dan Kabid Kesmas Eni Rochaeni memberikan arahan secara langsung.

Kadis Kesehatan Ciamis Yoyo mengatakan perlunya beberapa kegiatan intervensi untuk mewujudkan strata desa siaga aktif mandiri. Seperti forum desa siaga yang aktif melakukan kegiatan, menambah jumlah kader yang memadai dan terus meningkatkan kapasitasnya.

“Mendorong peran desa dan swasta untuk mendukung pendanaan kegiatan, adanya Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat. Juga meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Meningkatkan peran aktif masyarakat/organisasi masyarakat. Adanya regulasi yang mendukung program kesehatan di tingkat desa, melakukan pembinaan PHBS,” ucapnya.

UKBM Ciamis yang sudah berjalan antara lain posyandu, posbindu, pusbila, toga, dana desa, poskestren, pos ukk, ukgmd dan pos obat desa.

Rencana Tindak Lanjut dari kegiatan ini dengan mendorong Pemda Ciamis untuk menerbitkan regulasi terkait percepatan strata desa siaga aktif mandiri dan regulasi terkait percepatan strata posyandu mandiri. (Ayu/CN/Djavatoday)

World Cleanup Day, Pegawai DPUPRP Ciamis Bersihkan Sungai Cileueur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pegawai Dinas PUPRP Ciamis ramai-ramai turun ke Sungai Cileueur yang ada di tengah perkotaan Ciamis, Kamis (19/9/2024) siang. Mereka bersihkan berbagai...

Sejoli Cekoki Bayi Hasil Hubungan di Luar Nikah dengan Obat Penggugur Kandungan hingga Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejoli, perempuan CSR (20) dan pria DM (21) diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Sejoli ini diduga membunuh bayi dari hasil hubungan di...

Stabilisasi Pangan, Pj Bupati Ciamis Lakukan Gerakan Tanam Padi di Sindangkasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka menjaga stabilitas pangan, Pj. Bupati Ciamis, Engkus Sutisna melakukan gerakan tanam padi bersama masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani...

Lama Nganggur, Pemuda Ciamis Ini Nekat Rampok Minimarket Bermodal Golok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang pemuda Ciamis berinisial GGS (26) warga Ciamis diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Pria tersebut nekat merampok sebuah minimarket (alfamart) Linggasari...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya