Jumat, Mei 3, 2024

29 Rumah Rusak Akibat Terjangan Angin Puting Beliung di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 29 rumah rusak akibat terjangan angin puting beliung yang melanda wilayah Purwadadi dan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (13/1/2022). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Dodi Ramdani mengatakan bencana ini terjadi sekitar pukul 16.30 WIB.

“Akibat kejadian ini ada sekitar 29 rumah mengalami rusak dengan kategori ringan. Rumah yang mengalami kerusakan umumnya hanya bagian atap. Berterbangan dan berjatuhan karena terpaan angin,” ujar Dodi, Jumat (14/1/2022).

Bencana angin puting beliung ini tidak menimbulkan korban luka apalagi korban jiwa. Namun kondisi atap rumah warga porak poranda sampai mengalami kerugian materil.

“Puting beliung juga menyebabkan sejumlah pohon pinggir Jalan banyak yang tumbang. Kami pun saat ini masih melakukan pendataan rumah warga yang rusak, ” katanya.

Tagana pun mengimbau masyarakat agar selalu waspada dengan kondisi cuaca seperti sekarang ini. Terutama rumahnya yang dekat dengan pohon tinggi yang rawan tumbang.

Selain rumah rusak akibat angin puting beliung, sebuah rumah semi permanen di Desa Ciulu, Kecamatan Banjarsari, Ciamis, Jawa Barat, ambruk pada Kamis (13/1/2022) malam sekitar pukul 23.00 WIB.

Anggota Tagana Ciamis Baehaki Effendi menuturkan peristiwa terjadi ketika penghuni rumah sedang tertidur. Beruntung saat sebelum kejadian penghuninya keluar terlebih dulu menyelamatkan diri.

“Sebelum ambruk, seorang penghuni mendengar suara dari atap rumah ada retakan lalu membangunkan yang lain dan keluar rumah. Kondisi rumah memang sudah lapuk dan juga miring sehingga saat hujan terus menerus kemungkinan tidak kuat menahan beban,” katanya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Disdukcapil Ciamis Cek Biometrik ODGJ di RSUD

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis Jabar melakukan cek biometrik terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di...

Pesan Pj Bupati Ciamis di Hari Pendidikan Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah tahun 2024 digelar di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, Kamis (02/05/2024). Tema Hardiknas...

Jelang Pilkada 2024, PDIP Ciamis Silaturahmi ke Partai Nasdem

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPC PDIP Ciamis terus melakukan safari politik jelang Pilkada Ciamis 2024, salah satunya dengan melakukan silaturahmi ke Partai Nasdem di Kelurahan...

13 Keluarga di Ciamis Mengungsi Usai Rumah Retak gegara Pergerakan Tanah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pergerakan Tanah terjadi di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, mengakibatkan puluhan rumah mengalami retak-retak. 13 keluarga terpaksa mengungsi di musala...

Terpopuler

Lainnya