Rabu, September 18, 2024

Waspada DBD, Warga Ciamis Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga 7 kelurahan Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, melaksanakan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) serentak, Jumat (26/11/2021).

Saat ini Ciamis waspada terhadap demam berdarah dengue (DBD). kasusnya yang terus meningkat dalam musim hujan.

Menurut data dari Dinas Kesehatan Ciamis sampai 22 November 2021, jumlah penderita DBD sebanyak 281 kasus, dua diantaranya meninggal dunia. Kenaikan kasus terjadi 3 bulan terakhir, September 39 kasus, Oktober 51 kasus dan November ini sebanyak 77 kasus.

Dalam aksi gerakan pemberantasan sarang nyamuk ini, warga, pihak kelurahan Ciamis, Puskesmas Ciamis dan Dinas Kesehatan Ciamis bersama TNI-Polri menyisir permukiman. Targetnya benda-benda atau barang yang dapat menampung air.

Terlihat sejumlah benda seperti ban, toples dan lubang bendera yang mengandung air dan terdapat jentik nyamuk. Petugas kemudian menumpahkan air. Lalu menutup barang tersebut agar tidak menampung air saat diguyur hujan.

Petugas juga memeriksa sejumlah Turen air yang juga berpotensi terdapat jentik nyamuk. Kemudian menaburkan Abate agar jentik mati dan tidak menjadi nyamuk DBD.

Selain menyisir permukiman, warga pun melakukan PSN di sekitar rumahnya masing-masing. Tujuannya agar nyamuk tidak berkembang biak dan mengurangi potensi penyakit DBD ini.

“Gerakan PSN massal ini tujuannya menghilangkan jentik nyamuk. Kasus DBD Kelurahan Ciamis cukup banyak. Sehingga kita lakukan mengurangi kasus DBD,” ujar Lurah Ciamis Wahyu GS.

Potensi DBD di perkotaan ini cukup tinggi di banding di perkampungan. Tapi itu bagiamana kesadaran warga terhadap kebersihan lingkungan. Imbauannya masyarakat rutin membasmi sarang nyamuk, kurangi wadah yang dapat menimbulkan jentik.

Kepala Puskesmas Ciamis Evie Triyanti mengatakan aksi Gerakan PSN Massal ini dilaksanakan di 7 kelurahan wilayah Ciamis. Tujuannya mengendalikan jentik nyamuk DBD.

“Dengan pemberantasan sarang nyamuk dan pemberian abate ini bisa memberantas jentik nyamuk. Kami imbau masyarakat secara rutin memeriksa genangan air sekitar lingkungannya,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Raden Hanif Wawakil Kerajaan Galuh Wafat saat Eksekusi Lahan, Budayawan Ciamis Aksi Solidaritas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat dan budayawan di Kabupaten Ciamis melakukan aksi solidaritas dan audiensi di DPRD Ciamis, Selasa (17/9/2024). Aksi itu dilakukan sebagai bentuk...

Polisi Ringkus Komplotan Begal Motor Bersamurai di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Satreskrim Polres Ciamis berhasil menangkap tiga orang komplotan begal motor yang beraksi di wilayah Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Saat melakukan aksinya,...

Penutupan Program BSMSS, Masyarakat Desa Lumbungsari Ciamis Nikmati Manfaatnya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Program Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) di Desa Lumbungsari Kecamatan Lumbung ditutup secara resmi oleh Dandim 0613 Ciamis, Letkol Inf....

Mengenal Tradisi Merlawu Situs Patapan Dipakusumah Sukadana Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tradisi Merlawu di Situs Patapan Dipakusumah di Dusun Citamiang Wetan, Desa Ciparigi, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, kembali dilaksanakan. Kegiatan budaya ini...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya