Iklan bjb djavatoday
Sabtu, Desember 4, 2021
spot_imgspot_img

Puncak Guha Garut, Pesona Pantai dari Ketinggian View 360 Derajat

Puncak Guha Garut merupakan salah satu wisata yang digemari wisatawan lokal maupun luar kota. Bahkan wisata ini memiliki rating tinggi Google. Tak heran memang, karena keunikannya bisa dibilang sulit ditemukan di tempat lain. Anda bisa menikmati keindahan pantai dan laut dari ketinggian tebing sekaligus.

Garut memang tak ada habisnya menyuguhkan pesona alamnya. Selain banyak memiliki curug yang eksotis, Garut juga memiliki banyak pantai tersembunyi yang indah untuk dinikmati di saat libur tiba. Salah satunya adalah Puncak Guha. Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Tentang Puncak Guha Garut

Baca juga:

Puncak Guha ini memiliki arti “Puncak goa”. Dinamakan demikian karena di pinggir pantai terdapat tebing dengan goa didalamnya yang menjadi habitat kelelawar. Di sana, Anda akan menemukan pantai yang eksotis dengan tebing tinggi menjulang nan kokoh yang di bawahnya merupakan goa. Puncak Guha bahkan terdapat dalam novel “Perahu Kertas” karya Dewi Lestari.

Daya Tarik Puncak Guha Garut

Wisata ini populer dikalangan wisatawan karena pantainya yang berbatasan langsung dengan tebing tinggi yang terdapat goanya. Pesona lautnya yang indah pun bisa memanjakan mata dari ketinggian puncak goa dengan panorama 360 derajat. Wisatawan juga dapat pintu goa yang menjadi tempat keluar masuknya kelelawar, tetapi disarankan menggunakan masker. Ini karena kotoran hewan nokturnal tersebut bisa tercium bahkan dari jarak 20 meter.

Hijaunya rerumputan di puncak goa atau tebing begitu berpadu dengan birunya laut dan putihnya pasir pantai. Berdiri di puncak sembari menikmati deburan ombak agaknya menjadi pilihan wisatawan untuk menghilangkan penat. Tempatnya yang instagramable pun tak akan membuat wisatawan merasa bosan saat mengunjungi Puncak Guha Garut. Apalagi hijaunya pepohonan yang menghasilkan udara sejuk dan bersih begitu menyegarkan.

Aktivitas di Puncak Guha Garut

Selain memandangi panorama yang mengagumkan baik dari bibir pantai ataupun dari puncak goa, ada banyak aktivitas seru lain lho. Anda bisa melakukan hunting foto karena ada banyak photo spot yang menarik. Berburu sunrise dan sunset pun sangatlah cocok karena pemandangannya yang 360 derajat. Anda tak akan melewatkan pemandangan menakjubkannya satu pun. 

Puncak Guha Garut juga bisa menjadi tempat untuk touring dan gathering. Tempat ini jadi sasaran bagi mereka para petualang. Anda bisa berkemah dan memancing untuk mengisi keseruan liburan bersama keluarga

Fasilitas dan Jam Operasional

Wisata alam ini masih sangat asri dan pengelolaannya oleh swadaya setempat sehingga masih minim fasilitas. Namun, untuk gazebo, area parkir, dan warung-warung sudah tersedia. Anda bisa berkemah atau mencari penginapan terdekat untuk bermalam di sana. Adapun jam operasionalnya buka setiap hari selama 24 jam. 

HTM dan Lokasi

Untuk bisa menikmati pesona alam 360 derajatnya, Anda hanya cukup membayar tarif Rp5.000 per orang. Harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola wisata. Puncak Guha Garut berlokasi di Sinarjaya, Bungbulang, Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44165. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Santolo. Jadi, Anda bisa melacak lokasinya dengan mudah melalui Google Maps. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai Puncak Guha Garut. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungannya karena alamnya masih sangat asri. Jangan lupa juga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, terutama memakai masker. (Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU