Rabu, Juli 10, 2024

Curug Kanesia Baturraden: Info HTM hingga Daya Tarik Terbaru

Curug Kanesia Baturraden merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan air terjun dengan panorama yang memanjakan mata. Air terjunnya memang tak setinggi Curug Jenggala yang masih berada pada kecamatan yang sama, tetapi suguhan alamnya sungguh menawan. Airnya yang begitu jernih begitu kontras dengan warna tebing dan bebatuan di sekitarnya yang berwarna abu gelap.

Yang paling menarik dari objek wisata ini adalah suguhan alam di sekitarnya yang begitu asri dengan pepohonan yang rindang. Hawa sejuknya pun menjadi daya tarik tersendiri sehingga cocok menjadi spot healing bersama teman ataupun keluarga. Lokasinya pun dekat dengan air terjun lainnya sehingga bisa sekali jalan, 5 curug terlampaui.

Kabupaten Banyumas ternyata telah mejadi gudangnya air terjun dengan keunikan dan pesona yang berbeda. Salah satu kawasan dengan curug terbanyak adalah Kecamatan Baturraden yang menyimpan banyak hidden gem curug. Salah satunya adalah Curug Kanesia Baturraden yang namanya telah cukup populer di kalangan para wisatawan.

Bagi Sobat Djava yang ingin merasakan segarnya alam di curug ini, mari simak terlebih dahulu informasi dalam artikel ini. Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik mulai dari HTM, fasilitas, jam operasional, hingga daya tariknya. Yuk, simak dalam uraian berikut ini!

Baca juga: Curug Pinang Baturraden, Nyaman untuk Piknik dan Barbekuan!

Pesona Curug Kanesia Baturraden

Objek wisata alam Curug Kanesia Baturraden memiliki pesona yang selalu menarik wistawan untuk datang. Air terjunnya memiliki ketinggian sekitar 7 meter dengan aliran yang tidak begitu deras sehingga mirip dengan air mancur versi besarnya. Warna airnya putih jernih sehingga begitu kontras dengan warna tebing dan bebatuan di bawahnya yang berwarna abu gelap. Pepohonan hijau yang rindang dan vegetasi alam lainnya pun turut menghiasi tempat ini, membuat arenya yang luas menjadi teduh.

Jatuhan airnya akan membentuk kolam berwarna kebiruan dan selanjutnya mengalir menjadi sungai yang sebening kaca. Ikan-ikan kecil dan bebatuan dasarnya bahkan bisa kamu lihat dari atas, lho. Wisatawan pun dapat berenang hingga snorkeling sepuasnya untuk bisa merasakan kesegaran airnya. Namun, pastikan kamu mahir berenang karena kedalaman kolamnya sekitar 2,5 meter.

Jika tidak bisa berenang, jangan bersedih hati, Sobat Djava. Kamu masih bisa bermain air di area yang dangkal atau bersantai di area berpasirnya yang biasa menjadi tempat berkumpul wisatawan. Mereka biasanya menikmati keindahan Curug Kanesia Baturraden sembari barbekuan atau piknik makan-makan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburnamu di curug ini dengan berswafoto sembari duduk di kursi lipat dengan pose memegang cangkir kopi, ya!

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Keunggulan dari objek wisata Banyumas adalah harga tiketnya yang murah meriah. Seperti halnya objek wisata curug ini yang hanya mematok biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Kemudian terdapat biaya parkir kendaraan sebesar Rp3.000 per unit motor dan Rp10.000 per unit mobil. Perlu Sobat Djava ingat bahwa tarif ini tidak bersifat permanen sehingga bisa berubah kapan saja.

Meskipun harga tiket masuknya murah, fasilitasnya tetap lengkap, lho. Tersedia area parkir kendaraan, musala, toilet, warung-warung, area bersantai, hingga gazebo dan tempat duduk. Curug Kanesia Baturraden juga telah terkelola dengan baik sehingga tempatnya bersih, tidak ada sampah berserakan.

Alamat dan Jam Operasional Curug Kanesia Baturraden

Informasi penting lainnya tentang objek wisata ini adalah alamat lengkapnya. Curug ini beralamat di usun II Dukuh, Karangmangu, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151. Hanya sekitar 15 menit dari Purwokerto dengan akses jalan yang cukup mudah untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Dari parkiran, kamu hanya perlu menuruni tangga yang terbuat dari batu dan semen tanpa durasi lama karena jaraknya dekat.

Adapun jam operasional Curug Kanesia Baturraden adalah mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB setiap harinya. Agar tidak ramai dan masih kebagian area bersantai depan curug, sebaiknya kamu datang sedari pagi. Untuk informasi lebih lanjut tentang objek wisata ini, kamu bisa menghubungi nomor 085747898660. (Rismawati/Djavatoday)

Seru dan Menyenangkan! Ini Dia Rekomendasi Taman Bermain yang Cocok untuk si Kecil

Rekomendasi taman bermain kini menjadi destinasi liburan yang bisa Moms kunjungi bersama anak-anak. Selain seru dan menyenangkan, taman bermain ini juga mengutamakan keamanan dan...

Toko Oleh-oleh di Solo yang Wajib Kamu Jajal!

Toko oleh-oleh di Solo bisa menjadi referensi bagi kanu yang sedang berlibur ke Solo dan ingin memberikan buah tangan. Selain memiliki banyak wisata populer...

Bukit Jerit Kebumen, Spot Healing dengan View Laut

Bukit Jerit Kebumen merupakan sebuah objek wisata alam yang baru-baru ini kembali viral karena panoramanya yang indah. Tidak hanya menyuguhkan keindahan gugusan perbukitan yang...

Seribu Pulau Pangalengan, Spot Glamping dan Main Kayak!

Seribu Pulau Pangalengan merupakan sebuah hidden gem yang menawarkan sensasi bermalam di tengah alam yang syahdu. Tempat ini menyuguhkan keindahan Situ Cileunda dengan panorama...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya