spot_img
Jumat, Juli 1, 2022
spot_img

Museum Trupak Cirebon, Destinasi Wisata Edukatif Konsep Kekinian

Museum Trupak Cirebon adalah salah satu destinasi wisata edukatif yang mengusung tema tentang batik, terutama batik khas Cirebon. Museum ini diresmikan pada bulan November tahun 2018 dengan mengusung konsep kekinian.

Seperti yang kita tahu, batik merupakan karya seni khas Indonesia yang sudah mendapat pengakuan dunia. Setiap daerah di Indonesia memiliki corak batik yang berbeda dengan daerah yang lain, tak terkecuali batik dari Cirebon.
Berikut ini beberapa info mengenai Museum Trupak Cirebon yang bisa dijadikan referensi wisata keluarga di akhir pekan.

Lokasi dan HTM Museum Trupak Cirebon

Museum Trupak berada di kawasan wisata Batik Trusmi, tepatnya di alamat Weru Lor, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi ini kamu membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit perjalanan dengan jarak sekitar 8 km dari Terminal Hajamukti Cirebon.

Museum Trupak Cirebon buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB. Harga tiketnya berbeda antara weekdays dan juga weekend. Berikut rinciannya.
Weekdays untuk dewasa sebesar Rp. 50.000,-
Weekdays untuk anak-anak sebesar Rp. 35.000,-
Weekend untuk dewasa sebesar Rp. 60.000,-
Weekend untuk anak-anak sebesar Rp. 45.000,-

Fasilitas yang tersedia di Museum Trupak antara lain area parkir yang luas, toilet, mushola, spot foto instagramable, tempat membuat batik, da juga toko pakaian batik .

Daya Tarik Museum Trupak

Museum Trupak memiliki beberapa koleksi foto yang menceritakan suasana tempo dulu. Puluhan foto yang dipajang di museum ini diperkirakan diambil dalam rentang waktu antara tahun 1920 hingga 1924. Beberapa merupakan foto dari Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, dan Kacirebonan.

Selain itu, ada pula berbagai jenis cap batik seperti motif angkin, motif sawat, motif pluger dan juga motif batik yang lainnya. Beberapa koleksi batik-batik lama juga hadir pada museum ini. Ada pula diorama kegiatan membatik, alat tenun tradisional serta beberapa kain tenun dari beberapa daerah di Indonesia.

Asyiknya, jika kamu berkunjung ke Museum Trupak Cirebon, kamu bisa melihat sebuah film pendek yang menceritakan tentang batik. Ceritanya pun apik dan juga menarik.

Museum Trupak juga menyediakan sebuah aula yang mampu menampung banyak orang. Di aula ini kamu bisa mencoba untuk membuat batik atau melukis topeng khas Cirebon. Selain itu, ada juga kegiatan melukis gerabah maupun kaca.

Karena mengusung konsep kekinian, maka tak heran jika kamu menemukan banyak sekali spot foto instagramable di Museum Trupak ini. Beberapa spot foto tersebut diantaranya topeng, dres kimono batik, instalasi diorama sunyaragi dan juga spot foto yang lainnya. (Willy/Djavatoday)

Wisata Buken Banyumas, Taman Air Lengkap dan Seru yang Wajib Dikunjungi

Wisata Buken Banyumas adalah pilihan tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan. Lokasinya berada di Dusun II, Banjarsari Kulon, Kecamatan Sumbang, Kabupaten...

Taman Wisata Bougenville Bandung, One Stop Family Leisure, Lengkap!

Taman Wisata Bougenville Bandung menambah deretan panjang wisata hits di Paris Van Java yang memanjakan mata. Objek wisata ini cocok untuk rekreasi keluarga karena...

Famoso Garden Bandung, Wisata Hits ala Negeri Dongeng

Famoso Garden Bandung merupakan destinasi wisata terbaru di kawasan pariwisata Dago Pakar, Bandung, Jawa Barat. Famoso hadir dengan nuansa khas negeri dongeng dengan bangunan...

Taman Fathan Alesano Cijeruk, Tempat Nongkrong di Atas Awan

Taman Fathan Alesano Cijeruk merupakan taman wisata sekaligus kafe yang hits di Bogor, Jawa Barat. Lokasinya berada di Bukit Alesano yang menyuguhkan pemandangan lereng...
- Advertisment -spot_img

Terpopuler

Lainnya