spot_img
Jumat, Mei 27, 2022
spot_img

Tips Memilih Power Bank yang Berkualitas, Pintar Sebelum Membeli

Tips memilih power bank akan memberitahumu hal apa saja yang harus dipertimbangkan saat akan membeli penyimpan daya tersebut. Mengapa harus ada pertimbangan dulu, langsung beli kan bisa? Eitss, jangan buru-buru dulu, kamu harus pintar sebelum membeli agar barang yang bisa awet dan tentunya berkualitas. Jangan sampai kamu terjebak iming-iming harha murah, tetapi kualitas abal-abal.

Sebelum mengetahui tipsnya, sebenarnya kamu tahu gak sih, power bank itu apa? Power bank atau bank daya merupakan perangkat yang berfungsi menyimpan daya baterai. Peranti ini mmenyimpan listrik guna mengisi daya smartphone tanpa harus tersambung listrik. Bank daya tergolong alat yang portabel karena bisa kapan pun menggunakannya tanpa tersambung listrik secara langsung.

Tips Memilih Power Bank

- Advertisement -

Layaknya sebuah bank yang menyimpan dan menyalurkan dana dari dan untuk masyarakat, daya bank juga seperti itu, Sobat Djava. Menyimpan daya melalui sambungan listrik kemudian menyimpannya untuk nanti digunakan pada smartphone tanpa sambungan listrik. Buat kamu yang sering bepergian dan kehabisan baterai smartphone saat di jalan, wajib simak artikel ini selengkapnya. Berikut beberapa tips memilih power bank yang bisa kamu ikuti.

Perhatikan Kapasitasnya

Tips memilih power bank yang pertama adalah perhatikanlah kapasitas bank daya tersebut. Biasanya, bank daya memiliki kapasitas baterai mulai dari 1.000 mAh hingga 120.000 mAh. Makin besar kapasitasnya, biasanya harganya pun akan makin mahal. Jika smartphone-mu memiliki daya baterai 3.500 mAh, membeli daya bank berkapasitas 10.000 mAh pun sudah cukup untuk 3 kali pengisian.

Harga

Selain kapasitas, ada beberapa hal lain yang bisa memengaruhi mahal tidaknya suatu bank daya. Di antaranya adalah kualitas, fitur, merek, teknologi, ukuran, desain, dan lain sebagainya. Kamu sebaiknya memperhatikan hal-hal tersebut daripada mendahulukan harga murah. Ini karena banyak kasus terjadi ketika seseorang membeli bank daya dengan harga murah, tetapi kualitasnya pun murahan alias mudah rusak.

Teknologi dan Fitur

Tips memilih power bank yang selanjutnya adalah pertimbangan teknologi dan fiturnya. Bank daya memiliki banyak variasi, ada teknologi fast charging. mu bisa mengisi daya dengan lebih cepat. Ada pula teknologi passthrough charging yang membuatmu bisa mengisi perangkat lain saat sedang diisi. Kemudian ada teknologi wireless atau pengisian nirkabel, alias tinggal tempel maka pengisian otomatis terjadi. 

Selain teknologi, fitur juga menjadi pertimbangan lain saat ingin membeli bank daya. Fitur tambahan yang bisa berguna untuk kamu di antaranya senter. Ada juga lho bank daya yang memiliki fitur layar LCD hingga lampu indikator.

Jenis Baterai dan Port

Tips memilih power bank yang berikutnya adalah perhatikan jenis baterai dan port-nya agar bank daya lebih awet. Jenis baterai terdapat dua jenis, ada Lithium-Polimer (Li-Po) dan Lithium-Ion (Li-Ion). Jenis baterai Lithium-Polimer sudah jarang digunakan saat ini karena rawan meledak. Jadi, lebih baik memilih Lithium-Ion yang memang lebih populer digunakan.

Kemudian untuk port, perhatikan bank dayanya. Misalnya terdapat 2 lubang atau port dengan tulisan yang menunjukkan nilai A (Amphere). Nilai ini adalah angka yang mengartikan makin besar angka Anpere maka makin cepat pengisian daya ke smartphone, Sobat Djava.

Ukuran dan Desain

Tips memilih power bank yang satu ini juga ga kalah penting, lho. Power bank didesain untuk bisa digunakan di mana pun dan kapan pun dengan mudah. Bank daya yang memiliki ukuran kecil dan ringan tentu lebih memudahkan untuk dibawa kemana-mana dan antiribet. Untuk desain, kamu bisa memilih tampilan yang lebih elegan biar sesuai dengan trend kekinian.

Itulah beberapa tips memilih power bank yang awet dan berkualitas. Tetaplah pintar sebelum membeli, Sobat Djava!

(Rismawati/Djavatoday)

6 Tips Menangkal Virus Laptop dengan Ampuh

Tips menangkal virus laptop menjadi sebuah cara yang harus para pengguna laptop dan komputer ketahui. Virus atau malware memang selalu menjadi momok yang menakutkan...

5 Rekomendasi Kafe Dengan Tema Unik di Bandung

Selain untuk bersantai, kafe juga sering dijadikan tempat kerja oleh sebagian orang. Selain karena suasana yang nyaman, beberapa kafe juga mengusung tema unik sehingga...

Tips Menguatkan Sinyal Handphone Saat Koneksi Buruk

Tips menguatkan sinyal handphone bisa sangat berguna bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar. Mengapa bisa begitu? Ternyata alasannya tidak jauh berbeda dengan mereka...

Tips Merawat Flashdisk Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Tips merawat flashdisk masih tetap menjadi suatu hal yang penting, mengingat masih banyak orang yang menggunakannya. Meskipun penyimpanan yang lebih simpel seperti cloud strorage...
spot_img

Terpopuler

Lainnya