spot_img
Jumat, Mei 27, 2022
spot_img

5 Cara Mengatasi Demam Panggung Pada Anak

Jika anak Mama seorang yang pemalu, mungkin Mama akan sedikit khawatir jika dia tampil di depan umum karena takut mengalami ‘demam panggung’. Demam panggung adalah sejenis ketakutan atau perasaan cemas yang dialami seseorang ketika harus tampil atau berbicara di depan penonton. Lalu bagaimana caranya mengatasi demam panggung pada anak?

Anak-anak biasanya kehilangan percaya diri dan juga konsentrasi ketika mengalami demam panggung. Tak jarang mereka juga merasa malu dan bahkan mengalami trauma sehingga mereka tidak mau tampil di depan umum lagi. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi demam panggung pada anak, antara lain :

- Advertisement -

Baca juga : Tips Agar Anak Tetap Belajar Saat Liburan

Dengarkan mereka

Terkadang kita sebagai orang tua merasa percaya jika sudah menyakinkan sang anak bahwa mereka akan baik-baik saja. Padahal hal ini tidak begitu membantu mereka untuk mengatasi demam panggungnya.

Oleh karena itu, sebagai orang tua kamu harus memberi kesempatan kepada mereka untuk berbicara. Biarkan mereka berterus terang mengenai ketakutan dan kekhawatiran yang mereka rasakan. Dengan mendengarkan apa yang mereka rasakan, kamu mampu memahami seperti apa ketakutan yang mereka alami dan berusaha mencari solusinya.  

Maksimalkan latihan dan persiapan

Salah satu faktor anak mengalami demam panggung adalah kurangnya persiapan dan latihan sehingga anak tidak siap ketika harus tampil di depan umum. Untuk itu penting bagi orang tua untuk memaksimalkan latihan dan persiapan sebelum hari besarnya tiba.

Bantu anak ketika dia merasa kesulitan. Kamu juga bisa meminta anak untuk tampil di depan cermin atau di depan boneka dan mainan mereka. Hal ini mungkin terdengar konyol, namun kenyataannya anak-anak cenderung memiliki keterikatan dengan mainan mereka.

Jelaskan bahwa tidak ada manusia yang sempurna

Anak-anak mungkin memiliki ketakutan jika mereka dipermalukan di depan umum karena kesalahan mereka. Mereka takut jika ada orang yang melihat dan mengejek penampilan mereka.

Untuk mengatasinya, kamu harus meyakinkan pada anak bahwa tidak ada orang yang sempurna. Semua orang pasti pernah membuat kesalahan. Hal ini penting dilakukan agar dia tidak menyalahkan diri sendiri jika dia berbuat kesalahan ketika tampil di depan umum.

Beri tahu anak untuk percaya pada kemampuan diri sendiri

Jelaskan pada anak bahwa ia harus mempunyai pikiran yang positif. Semangati ia untuk tampil percaya diri serta yakin pada kemampuan yang ia miliki. Beri dorongan padanya bahwa ia adalah anak yang luar biasa dan kamu sebagai orang tua merasa bangga padanya. Bantu ia agar mampu melakukan penampilan yang hebat.

Ajari anak gestur yang tepat

Terkadang demam panggung dialami ketika anak merasa tertekan karena tidak mampu menatap mata penonton. Untuk itu minta ia untuk tenang dan ambil napas dalam-dalam. Sarankan untuk fokus melihat ke bagian belakang ruangan atau pada dinding jika mereka tidak mampu menatap mata penonton.

Kamu juga bisa mengajari mereka dengan gerakan mondar-mandir saat tampil di depan umum agar tidak terkesan kaku dan menghindarkan mereka dari perasaan cemas. (Willy/Djavatoday)

Deretan Buku yang dibaca Maudy Ayunda

Hello Good people. Siapa yang tidak mengenal Maudy Ayunda, perempuan berparas cantik nan cerdas asal Indonesia. Tentu saja kecerdasan ini tidak datang dengan tiba-tiba,...

Komunitas Senyum Anak Nusantara Mengedukasi Bersama Anak PAUD

Berita Ciamis (djavatoday.com),- Komunitas Senyum Anak Nusantara (SAN) mengelar kegiatan mengedukasi, menginspirasi dan memotivasi anak-anak PAUD di Aula Desa Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis,...

Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Tidak Kasar terhadap Perempuan

Cara mendidik anak laki-laki agar tidak kasar terhadap perempuan sangatlah penting. Dalam hal ini, peranan orang tua pun sangat penting, sebagimana sikap sang ayah...

5 Jenis Permainan Edukatif Agar Belajar Jadi Lebih Menyenangkan

Jika siswa mulai merasa bosan dan susah mencerna pembelajaran di kelas, biasanya guru berinisiatif untuk melakukan cara-cara khusus. Salah satunya dengan melakukan permainan edukatif....
spot_img

Terpopuler

Lainnya