spot_img
Minggu, Agustus 14, 2022
spot_img

Tips Rumah Terlihat Luas dengan Desain Kekinian

Tips rumah terlihat luas bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki rumah dengan ukuran mungil, tetapi ingin terlihat lebih leluasa. Memiliki rumah yang luas tentu menjadi impian bagi semua orang. Namun, terkadang impian tersebut harus pupus karena beberapa kendala yang terjadi. Entah itu dari segi ekonomi ataupun lahan yang memang terbatas sehingga tak memungkinkan membangun rumah yang luas.

Eitss, jangan khawatir, Sobat Djava! Kami memiliki beberapa tips yang bisa membuat rumah Anda terlihat lebih luas. Selain itu, kami juga akan memberikan cara agar rumah terkesan lebih elegan dengan desain kekinian. Jadi, simak artikel ini selengkapnya, ya!

4 Tips Rumah Terlihat Luas dan Kekinian

Untuk Anda yang akan membangun rumah mungil dengan look yang lebih luas, simak tips rumah terlihat luas berikut ini!

Open Floor Plan dan Buat Area Terbuka

Tips rumah terlihat luas yang pertama adalah dengan membuat area terbuka di dalam rumah yang bisa terakses dari segala sisi. Misalnya area terbuka dengan tanaman dan lantai berbatu yang lebih menyatu dengan alam dengan atap terbuka. Dengan begitu, cahaya matahari dapat masuk sehingga sirkulasi udara pun terasa lebih lancar. Area terbuka ini bisa disekat dengan pintu kaca geser agar kesan luasnya makin terasa.

Kemudian, layout open floor plan (tanpa sekat) juga memiliki peran penting agar ruangan dapat lebih menyatu tanpa memakan banyak tempat. Misalnya penyatuan area untuk ruangan bagian LDK (Living, Dining, & Kitchen). Tatalah area LDK dengan sifat modular atau bisa dengan mudah kita ubah layout-nya sesuai kebutuhan. Misalnya saat acara makan dengan banyak tamu, Anda jadi bisa memutar sofa sehingga meja makan dapat bertambah menggantikan posisi sofa.

Ketinggian Plafon, Pintu, dan Jendela

Tips rumah terlihat luas yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan ketinggian plafon, pintu, dan jendela. Hal ini cukup berdampak signifikan untuk memberi kesan luas dalam rumah. Cobalah menerapkan void dan skylight di area dapur sebagai solusinya. Sebagian orang mungkin berpendapat cara ini akan membuang space di area atas yang terbuka, sedangkan sebagian lagi setuju membuka ruang. Namun, semuanya tetap harus sesuai kebutuhan masing-masing, ya!

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menambah ketinggian plafon, pintu, dan jendela rumah. Yakni, aspek maintenance dan budget, alias biaya perawatan. Makin tinggi plafon maka makin repot juga untuk membersihkannya dan biaya pembuatannya pun lebih mahal. Sebagai contoh ukuran ideal, misalnya plafonnya setinggi 3 meter, tinggi void-nya 7,5 meter, dan tinggi pintu dan jendela 2,6 meter.

Menggunakan Cermin

Tips rumah terlihat luas yang satu ini sudah banyak kita jumpai di berbagai bangunan dan sukses membuat orang ‘tertipu’. Ketika masuk ke rumah dengan banyak cermin di dalamnya, seseorang sering kali tak menyadari bahwa yang ia lihat adalah cermin. Ia baru akan menyadarinya saat melihat dirinya sendiri di ujung lorong. 

Well, cara ini memang ampuh membuat kesan rumah terlihat lebih luas sekaligus elegan. Cobalah memanfaatkan sudut lorong yang mati di setiap lantai dengan memberikan cermin clear. Ketinggiannya bisa Anda sesuaikan, tetapi akan lebih bagus jika ketinggiannya penuh dari lantai hingga ke plafon.

Warna Dinding, Plafon, dan Lantai

Tips rumah terlihat luas yang tak kalah penting adalah pemilihan warna dinding, plafon, dan lantai, Sobat Djava. Percaya ataupun tidak, warna putih ternyata bisa memberikan kesan yang ‘lebih luas’. Meskipun cepat kotor dan terkesan monoton, warna putih masih menjadi solusi warna bagi rumah yang mungil agar terlihat lebih luas. Anda bisa mengakali kemonotonan yang bisa terjadi dengan membeli furniture kekinian berwarna cokelat yang aesthetic.

Nah, itulah 4 tips rumah terlihat luas dan kekinian meskipun lahannya tak begitu luas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, Sobat Djava! (Rismawati/Djavatoday)

16 Alat yang Harus Dibawa Saat Hiking Untuk Pemula

Bagi yang sudah terbiasa mendaki gunung, menyiapkan peralatan hiking tentu bukanlah hal yang sulit beda bagi para pemula. Terkadang mereka akan bingung harus membawa...

Tips Merawat Rambut Keriting, Anti Kusut dan Kering!

Tips merawat rambut keriting sebenarnya tak jauh berbeda dengan rambut lurus yang biasanya. Namun, memang ada beberapa poin khusus yang harus lebih Anda perhatikan....

Manfaat Tanaman Hias Indoor Berdasarkan Jenis-jenisnya

Manfaat tanaman hias indoor ternyata tidak hanya bisa kita lihat dari sisi keindahannya saja. Ada beragam jenis tanaman yang indah dengan manfaat berbeda-beda yang...

Cara Self Healing ala Artis Korea, Ampuh Hilangkan Stres!

Cara self healing setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang menyesuaikan dengan hobinya dan ada pula yang ingin mencoba hal baru atau bereksperimen. Yang paling...
- Advertisment -spot_img

Terpopuler

Lainnya