spot_img
Minggu, Agustus 14, 2022
spot_img

Memelihara Hewan Peliharaan Baik untuk Kesehatan Mental

Peneliti mengungkap bahwa selama masa pandemi ada peningkatan kasus depresi, frustasi, kecemasan berlebih dan gangguan jiwa lainnya hingga seseorang berani melakukan percobaan bunuh diri. Untuk menjaga kesehatan mental, ada banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan memelihara hewan peliharaan.

Memelihara hewan terbukti memberikan sejumlah manfaat terhadap kondisi psikis seseorang. Berikut ulasannya

Baca juga : 5 Manfaat Mengabaikan Komentar Negatif Orang Lain

Memelihara hewan peliharaan membantu kesehatan mental seseorang

Mengajak hewan peliharaan untuk berjalan-jalan atau berlari bisa membuat seseorang hidup lebih sehat. Hal ini dikarenakan seseorang akan lebih aktif melakukan olahraga ringan bersama hewan peliharaannya.

Bagi mereka yang tinggal sendirian, memelihara hewan akan membuat hidup mereka menjadi lebih berwarna. Hewan peliharaan juga berperan sebagai teman sehingga mereka yang hidup sendiri tidak akan merasa kesepian.

Tingkah mereka yang imut dan menggemaskan juga dapat membantu mengurangi gangguan kecemasan pada seseorang. Hewan peliharaan juga bisa menjadi pendengar yang setia, menawarkan cinta tanpa syarat dan juga penghibur saat duka. Oleh sebab itu mereka yang memelihara hewan biasanya memiliki kesehatan mental yang lebih baik dan memiliki sifat penyayang.  

Hewan peliharaan juga dapat membantu orang dengan kondisi tertentu, misalnya seseorang dengan ADHD hiperaktif.

Memelihara hewan peliharaan membuat seseorang lebih bahagia

Memiliki hewan peliharaan secara tidak langsung dapat mengurangi stres dan membuat mood menjadi lebih baik. Manfaatnya secara tidak langsung dapat mengalihkan pikiran yang penat dan emosi negatif.

Misalnya saja ketika kamu memelihara kucing. Kucing yang terpelihara dengan baik dan memiliki tubuh yang sehat bisa membuat pemiliknya juga ikut merasa bahagia.

Agar kucing senantiasa sehat, maka perhatikan kebersihan serta asupan nutrisi pada makanannya. Memilihara hewan juga secara tidak langsung melatih tanggung jawab kita sebagai pemiliknya.

Jangan lupa lakukan vaksinasi

Meski kamu sangat memperhatikan kebersihan lingkungan dan makanan hewan peliharaanmu namun ada baiknya jika kamu juga melakukan vaksinasi. Vaksinasi bertujuan agar hewan peliharaanmu terhindar dari penyakit yang kemungkinan bisa menular pada manusia. Sebelum divaksin, pastikan hewan peliharaanmu dalam keadaan sehat. (Willy/Djavatoday)

16 Alat yang Harus Dibawa Saat Hiking Untuk Pemula

Bagi yang sudah terbiasa mendaki gunung, menyiapkan peralatan hiking tentu bukanlah hal yang sulit beda bagi para pemula. Terkadang mereka akan bingung harus membawa...

Tips Merawat Rambut Keriting, Anti Kusut dan Kering!

Tips merawat rambut keriting sebenarnya tak jauh berbeda dengan rambut lurus yang biasanya. Namun, memang ada beberapa poin khusus yang harus lebih Anda perhatikan....

Manfaat Tanaman Hias Indoor Berdasarkan Jenis-jenisnya

Manfaat tanaman hias indoor ternyata tidak hanya bisa kita lihat dari sisi keindahannya saja. Ada beragam jenis tanaman yang indah dengan manfaat berbeda-beda yang...

Cara Self Healing ala Artis Korea, Ampuh Hilangkan Stres!

Cara self healing setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang menyesuaikan dengan hobinya dan ada pula yang ingin mencoba hal baru atau bereksperimen. Yang paling...
- Advertisment -spot_img

Terpopuler

Lainnya