Iklan bjb djavatoday
Jumat, Desember 3, 2021
spot_imgspot_img

Atasi Masalah Kulit Menghitam, dari Wajah Hingga Lutut

Setiap perempuan pasti menginginkan kulit tubuhnya terlihat cerah merata. Namun masalah kulit menghitam memang tidak bisa dihindari seiring dengan bertambahnya usia. Lalu bagaimana caranya untuk atasi masalah kulit menghitam?

Kulit menghitam bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain pengaruh hormon, paparan sinar matahari, produk yang digunakan, gesekan dan juga yang lainnya. Biasanya kondisi ini terjadi di area wajah, ketiak, siku dan lutut. Berikut ulasannya.

Baca juga:

Baca juga : 7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Kantung Mata

Wajah

Wajah merupakan area tubuh yang paling sering terkena paparan sinar matahari. Sinar matahari bisa menimbulkan berbagai masalah kulit seperti munculnya bintik hitam, warna kulit tidak merata bahkan membuat kulit wajah menjadi terlihat gelap.

Untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan perawatan wajah dengan menggunakan produk skincare, mulai dari pelembab hingga sunscreen. Penggunaan sunscreen bisa mencegah efek buruk sinar matahari sehingga tidak akan merusak lapisan kulit dan membuat warna kulitmu menjadi gelap.

Pakailah sunscreen walaupun kamu hanya beraktivitas di dalam rumah. Pilihlah sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30+++ agar dapat melindungi kulitmu secara optimal.

Ketiak

Ketiak yang menghitam merupakan masalah besar bagi perempuan. Kulit di bagian ketiak memang sangat tipis sehingga mudah mengalami iritasi. Iritasi ini bisa disebabkan karena gesekan saat mencukur atau reaksi dari produk perawatan ketiak yang selama ini kamu gunakan

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa membuat racikan dari bahan-bahan alami agar kulit ketiakmu kembali cerah. Sediakan 2 sdm gula dan minyak zaitun. Campurkan kedua bahan tersebut dan gosokan perlahan di ketiakmu. Biarkan selama 3-5 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Siku dan Lutut

Siku dan lutut biasanya menjadi tumpuan tubuh sehingga kulit di area siku dan lutut rawan menghitam karena sering mengalami gesekan. Akibatnya terjadi pigmentasi dan juga penebalan kulit.

Masalah kulit seperti ini sebetulnya bisa di atasi dengan bahan-bahan alami, salah satunya dengan menggunakan kunyit. Kandungan curcumin dalam kunyit bisa mengurangi hiperpigmentasi pada kulit.

Caranya, campur ½ sdt kunyit bubuk dan 1 sdm yoghurt atau madu. Setelah itu aplikasikan pada area siku dan lutut kemudian diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air lalu gunakan pelembap. Lakukan cara ini sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU