Senin, Oktober 25, 2021

5 Self Care Fisik yang Penting untuk Dilakukan

Self care fisik sering diidentikan dengan perawatan tubuh seperti pergi ke salon, berendam air hangat, atau pergi ke spa untuk melemaskan otot. Padahal self care fisik seseorang lebih daripada itu.

Ada berbagai perawatan fisik yang lebih esensial dari hanya sekedar memanjakan diri untuk berlama-lama di salon. Berikut ulasannya.

Baca juga:

Baca juga : Selain Meragukan Kemampuan Diri, Inilah Fakta Lain Mengenai Self Doubt

Tidur yang cukup dan berkualitas

Orang dewasa memerulukan waktu tidur sekitar 7-9 jam perhari. Namun jika memang tidak memungkinkan, waktu tidur selama 6 jam per hari tanpa gangguan apapun sudah dirasa cukup.

Menurut peneliitian yang dilakukan oleh Centers of Disease Control and Prevention (CDC), mereka yang tidurnya kurang berkualitas beresiko memiliki gangguan suasana hati, konsentrasi dan juga masalah kesehatan.

Untuk itu, mulai saat ini perbaiki jadwal tidurmu agar kamu memiliki waktu tidur yang cukup dan juga berkualitas. Kurangi waktu me-time yang menghabiskan banyak waktu atau sekedar menonton televisi sampai larut malam.

Pentingnya memperhatikan kesehatan diri

Salah satu self care fisik yang penting kamu lakukan adalah sadar akan kesehatan diri sendiri. Jika memang badanmu merasa tidak sehat, segeralah pergi ke dokter untuk diperiksa.

Apapun masalah kesehatan yang sedang kamu alami, segeralah cari solusinya dan tidak boleh ditunda-tunda. Inilah salah satu poin penting dan juga cara yang paling mudah untuk bisa mencintai dan mengurus diri sendiri.

Makan makanan yang sehat dan bergizi

Seringkali ketika sedang stres, kamu biasanya membeli makanan favorit agar moodmu kembali stabil. Namun, kamu juga harus memperhatikan, apakah makanan tersebut baik untuk kesehatanmu atau malah sebaliknya?

Self care fisik bisa dilakukan dengan cara yang paling mudah terlebih dahulu, yaitu dengan memilih menu yang tidak hanya enak, melainkan juga menyehatkan tubuh. Nutrisi yang harus kamu penuhi setiap harinya antara lain karbohidrat, protein, lemak baik, antioksidan vitamin , serat dan juga mineral.

Olahraga yang rutin

Mulai sekarang luangkan sedikit waktu agar kamu konsisten berolahraga setiap harinya. Setidaknya kamu memerlukan waktu selama 150 menit untuk melakukan olahraga dalam seminggu. Olahraga yang rutin merupakan salah satu self care fisik yang penting dijalani.

Olahraga memang pada awalnya pasti berat dilakukan. Namun kegiatan ini bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mentalmu. Pilihlah jenis olahraga yang menyenangkan dan cocok untukmu. Tak perlu ikut tren, cukup lakukan olahraga yang bisa meningkatkan suasana hatimu.

Kasih sayang dari orang terdekat

Cipatakan suasana yang hangat dalam keluarga maupun persahabatan yang kamu jalani saat ini. Hindari lingkup pertemanan toxic yang bisa membuat kamu kehilangan percaya diri atau bahkan terintimidasi. Suasana lingkungan keluarga dan pertemanan yang baik secara tidak langsung akan membuat hidupmu lebih bahagia. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU