Selasa, Oktober 26, 2021

5 Manfaat Mengabaikan Komentar Negatif Orang Lain

Banyak orang terlalu sensitif dan sering terpengaruh dengan komentar negatif yang dilontarkan orang lain kepadanya. Padahal seringkali komentar atau penilaian ini tidak mendasar dan bersifat subyektif. Mereka hanya bertujuan membuatmu minder atau hanya sekedar melampiaskan rasa iri hati mereka.

Kamu tentunya bisa membedakan antara komentar negatif dengan sebuah nasehat. Nasehat pada umumnya bertujuan untuk menyadarkanmu dari sebuah kesalahan dengan harapan agar kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Sedangkan komentar negatif hanya bertujuan untuk menjatuhkan mentalmu saja.

Baca juga:

Mengabaikan komentar atau penilaian negatif dari orang lain ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan jiwamu. Berikut ulasannya.

Baca juga : Kurang Percaya Diri? Ini Kebiasaan yang Harus Dihindari dan Solusinya

Lebih percaya diri

Orang yang menghiraukan komentar negatif dari orang lain cenderung akan lebih percaya diri. Selain itu, dia tidak akan mempunyai beban pikiran sehingga aura positifnya lebih terpancar. Ia akan tumbuh menjadi pribadi yang menyenangkan dan juga periang.

Dikelilingi orang baik

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, orang yang tidak terpengaruh dengan komentar negatif orang lain cenderung akan menjadi pribadi yang menyenangkan. Ia akan mudah berteman dengan siapa saja. Aura positif seperti itulah yang akan membuat kamu dikelilingi orang-orang baik dan bisa menghargai satu sama lain.

Lebih bahagia menjalani hidup

Terkadang karena terpengaruh dengan penilaian orang lain, kita seringkali melakukan hal-hal yang sebenarnya bertentangan dengan kehendak hati kita. Hal itu dilakukan semata-mata agar kita diterima dalam lingkup pertemanan mereka. Misalnya saja dengan menggunakan barang bermerek saat pergi ke arisan untuk menghindari cibiran,

Percayalah, melakukan hal seperti itu tidak ada gunanya. Kamu bisa lebih bahagia menjalani hidup dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai.

Tidak perlu mengubah diri sendiri untuk orang lain

Jika kamu terlalu memperhatikan komentar negatif orang lain, pada akhirnya kamu akan selalu merasa insecure. Ketidaknyamanan seperti ini akan mengubah karaktermu agar sesuai dengan kemauan orang lain. Kamu akan kehilangan jati dirimu yang sebenarnya. Jika kamu terus memikirkan komentar negatif orang lain, itu akan hanya membuatmu menjadi stres dan depresi.

Lebih mencintai diri sendiri

Self love itu penting. Seseorang akan menjadi lebih percaya diri jika dia tidak peduli lagi dengan penilaian negatif orang lain. Mulai sekarang, belajarlah untuk mencintai diri sendiri dan jangan ragu dengan setiap pilihan yang kita ambil dalam hidup. (Willy/Djavatoday com)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU