Minggu, Juli 14, 2024

5 Manfaat Membaca Al-Quran bagi Ibu Hamil

Setiap orang tua pasti menginginkan buah hatinya tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan juga memiliki akhlak yang baik. Oleh karena itu, orang tua akan berusaha untuk menstimulasi kemampuan otak sang anak sejak masih dalam kandungan, salah satunya dengan membaca Al-Quran. Ternyata ada banyak manfaat membaca Al-Quran bagi ibu yang sedang hamil.

Kebiasaan positif ini ternyata sudah terbukti memberikan manfaat yang sangat besar untuk janin selama masih dalam kandungan sang ibu. Selain berdampak pada kecerdasan anak, ternyata membaca maupun mendengarkan Al-Quran juga berpengaruh terhadap kondisi psikologi anak dan juga sang ibu. Berikut ulasan lengkapnya.

Menenangkan janin dalam kandungan

Manfaat membaca Al-Quran yang pertama yaitu memberikan ketenangan pada janin. Ibu yang sedang hamil memang cenderung memiliki perasaan yang lebih sensitif. Perasaan sensitif ini memang terjadi secara alami, namun jika tidak ditangani dengan baik, maka hal tersebut bisa berdampak negatif pada janin yang sedang dikandung.

Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk membaca ataupun mendengarkan Al-Quran untuk memberikan ketenangan dan juga menstabilkan emosi. Selain itu, membaca Al-Quran juga dapat meningkatkan hormon serotonin atau hormon kebahagiaan.

Meningkatkan kecerdasan janin

Manfaat membaca Al-Quran yang kedua adalah dapat meningkatkan kecerdasan pada janin. Ketika memasuki usia kandungan 6 bulan, janin akan memulai fase pembelajaran untuk pertama kalinya. Ia akan mulai bisa mendengar suara dari luar perut dengan jelas, bahkan terkadang ia juga akan memberikan respon dengan sesekali menendang perut sang ibu.

Lantunan ayat suci Al-Quran yang diperdengarkan ternyata tidak hanya meningkatkan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional saja, tetapi juga mampu meningkatkan kecerdasan spiritual sang janin.

Meningkatkan kreativitas sang anak

Manfaat membaca Al-Quran yang ketiga adalah meningkatkan kreativitas sang anak. Anak-anak yang sudah terbiasa mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran sejak masih dalam kandungan, biasanya memiliki daya ingat yang sangat tinggi. Ingatan yang tajam seperti ini akan berpengaruh pada kemampuan menghafalnya.

Oleh karena itu, para orang tua harus mendampingi sang anak dengan pola asuh yang berkualitas agar kreativitasnya semakin terasah dan meningkat seiring dengan tumbuh kembangnya.  

Menghilangkan rasa cemas dan ketakutan

Tak sedikit ibu hamil yang merasa cemas dan takut ketika sudah mendekati hari persalinan. Rasa cemas dan takut seperti ini akan menjadi pemicu timbulnya stress yang akan berpengaruh kurang baik terhadap kesehatan sang ibu dan juga janin yang ada dalam kandungan.

Membaca Al-Quran ternyata bisa jadi salah satu terapi untuk menghilangkan rasa cemas dan takut yang dialami oleh ibu hamil. Frekuensi dan gelombang bunyi dari lantunan ayat Al-Quran dapat meredakan ketegangan pada otot saraf otak sehingga membuatnya lebih rileks.

Meningkatkan kemampuan berbahasa pada bayi

Janin yang sudah terbiasa mendengarkan lantunan ayat Al-Quran sejak masih dalam kandungan akan memiliki daya ingat yang tinggi. Daya ingat yang tinggi ini juga akan berpengaruh pada kemampuan berbahasa ketika bayi ini dilahirkan. (Willy/Djavatoday)

Baca juga : 7 Rekomendasi Jus Sehat untuk Ibu Hamil

16 Kepribadian Manusia Sesuai MBTI, Cari Tahu Tipemu Yuk!

Kepribadian manusia sesuai MBTI bisa kamu tes melalui website resmi. Saat ini banyak situs yang menyediakan tes kepribadian MBTI secara gratis, loh. Namun pada...

5 Hal yang Harus disiapkan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Memasuki dunia kerja merupakan bagian dalam merasakan seberapa pahit dan manisnya lingkungan yang sedang digeluti. Memiliki karier yang melejit dan penghasilan yang subsisten tentunya...

5 Peralatan Dapur Multifungsi yang Harus Kamu Punya di Rumah

Peralatan dapur multifungsi ini dapat memudahkan kegiatan memasak bahkan mempersingkat waktu. Bagi sebagian orang, memasak bukan hanya kegiatan rumahan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan...

5 Tips Mengubah Tampilan Dapur Menjadi Lebih Rapi dan Elegan

Mengubah tampilan dapur menjadi lebih bersih dan nyaman bukan hanya diperuntukkan kepada apartemen atau rumah dengan desain yang mewah. Dapur minimalis bahkan sempit pun...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya