Sabtu, Juli 13, 2024

5 Kebiasaan Sepele yang Dapat Memicu Konflik Rumah Tangga

Pertengkaran atau perdebatan antara pasangan suami istri memang wajar terjadi dalam kehidupan berumah tangga. Namun, perlu kamu sadari bahwa ada beberapa kebiasaan sepele yang dapat memicu konflik rumah tangga bahkan sampai pada tahap serius.

Konflik pada dasarnya dapat terjadi karena faktor kurangnya komunikasi. Oleh karena itu salah satu kunci dari keharmonisan rumah tangga terletak pada baiknya komunikasi antar pasangan. Berikut ulasannya.

Baca juga : 6 Fase dalam Pernikahan yang Akan Dilewati Setiap Pasangan

Sering mengomel berulang kali

Perkataan yang terlalu sering diucapkan akan kehilangan maknanya. Misalnya ketika kamu mengingatkan suami untuk berhenti dari kebiasaan jeleknya.

Walau pada awalnya suami menuruti perkataanmu untuk mengubah kebiasaan jeleknya, namun jika terus menerus di ingatkan hal ini bisa membuatnya kesal. Bahkan tak menutup kemungkinan jika dia pada akhirnya memilih untuk tidak mendengarkan perkataanmu lagi.

Oleh karena itu, jangan biarkan emosi mendominasi setiap perkataanmu dan hindari untuk memperingatkan pasangan secara berulang karena dia juga sudah dewasa.

Bicara dengan nada yang terkesan menghakimi atau menggurui

Konflik rumah tangga juga bisa berawal dari nada bicara pasangan yang terkesan menghakimi. Meskipun kamu tidak menyadarinya, namun lawan bicaramu cenderung akan memperhatikan secara detail setiap ucapan yang kamu utarakan padanya.

Kamu perlu hati-hati dengan kebiasaan ini, sebab hal ini dapat memicu konflik yang lebih besar. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan pernyataan yang bersifat opini di bandingkan kalimat-kalimat yang terdengar menghakimi.

Misalnya, ganti kalimat “ini salah” dengan kalimat “saya kurang setuju dengan ini”. Dengan penggunaan kalimat yang tepat, besar kemungkinan konflik dapat di hindari oleh pasangan suami istri.

Tidak dapat mengendalikan emosi

Sebelum konflik berubah menjadi lebih besar, alangkah baiknya jika kamu diam sejenak dan tahan emosi jika sedang ada masalah. Emosi hanya akan memperkeruh suasana dan membuatmu salah mengambil keputusan.

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya kamu mencoba untuk meredam emosi dengan cara yang sederhana, seperti jalan-jalan, mendengarkan murrotal, atau makan makanan yang manis.

Mengambil keputusan tanpa melibatkan suami

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga, pasangan suami istri berhak tahu terhadap keputusan yang akan diambil oleh masing-masing pihak. Jika kamu mengambil keputusan secara gegabah atau bahkan tanpa melibatkan suami, hal ini dapat memicu konflik rumah tangga.

Sekecil apapun keputusan yang akan kamu ambil, suamimu berhak tahu karena dia adalah kepala rumah tangga dan kamu harus menghormatinya.

Selalu bersikap serba tahu

Jangan sekali-kali mengatakan bahwa “saya paling tahu”. Hal ini akan membuat suami merasa pendapatnya tidak layak didengarkan. Kebiasaan jelek ini bisa memicu pertengkaran dan merusak hubungan antara kamu dan suami.

Untuk menghindari hal ini sebaiknya kamu harus bersikap terbuka dan pahami bahwa jawaban yang kamu utarakan tidak selamanya selalu benar. Kamu juga harus belajar mendengarkan orang lain terutama pendapat suami kamu sambil terus mengevaluasi diri. (Willy/Djavatoday)

16 Kepribadian Manusia Sesuai MBTI, Cari Tahu Tipemu Yuk!

Kepribadian manusia sesuai MBTI bisa kamu tes melalui website resmi. Saat ini banyak situs yang menyediakan tes kepribadian MBTI secara gratis, loh. Namun pada...

5 Hal yang Harus disiapkan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Memasuki dunia kerja merupakan bagian dalam merasakan seberapa pahit dan manisnya lingkungan yang sedang digeluti. Memiliki karier yang melejit dan penghasilan yang subsisten tentunya...

5 Peralatan Dapur Multifungsi yang Harus Kamu Punya di Rumah

Peralatan dapur multifungsi ini dapat memudahkan kegiatan memasak bahkan mempersingkat waktu. Bagi sebagian orang, memasak bukan hanya kegiatan rumahan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan...

5 Tips Mengubah Tampilan Dapur Menjadi Lebih Rapi dan Elegan

Mengubah tampilan dapur menjadi lebih bersih dan nyaman bukan hanya diperuntukkan kepada apartemen atau rumah dengan desain yang mewah. Dapur minimalis bahkan sempit pun...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya