Selasa, Juli 23, 2024

Toko Oleh-oleh di Solo yang Wajib Kamu Jajal!

Toko oleh-oleh di Solo bisa menjadi referensi bagi kanu yang sedang berlibur ke Solo dan ingin memberikan buah tangan. Selain memiliki banyak wisata populer dengan khas budayanya yang kental, Solo juga memiliki ragam kuliner hits, lho. Ini bisa menjadi pilihan bagi kamu untuk memberikan oleh-oleh kepada orang tersayang selain batik Solo yang biasa menjadi ciri khas.

Berikut kami berikan lima rekomendasi toko buah tangan atau oleh-oleh khas Solo yang wajib kamu jajal. 

Pukis Badran

Toko oleh-oleh di Solo yang bisa kamj datangi adalah Toko Pukis Badran yang menyediakan ragam menu pukis yang lezat dan lumer. Pukisnya yang berwarna-warni terlihat begitu cute dan modern karena pengemasannya yang eksklusif. Pukis sendiri merupakan sebuah jenis kue tradisional khas Indonesia berbahan dasar tepung yang memiliki bentuk mirip dengan bandros. Rasanya dominan manis dengan tekstur yang lembut.

Selain pukis, toko ini menyediakan minuman tradisional gula asem dengan nama produk Goelasem. Rasanya tidak pahit sama sekali dan pengemasannya begitu modern, cocok menjadi buah tangan yang ciamik dan berkhasiat. Alamat toko ini adalah di Jl. Kenanga No.25, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57142. Jam operasional toko ini mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 20.00 WIB setiap Rabu hingga Senin.

Bakpia Tewe

Bagi pecinta durian, toko oleh-oleh di Solo yang satu ini wajib banget kamu coba, namanya adalah Bakpia Tewe. Bentuknya tak jauh berbeda dengan bakpia Jogja pada umumnya, tetapi yang ini bentuknya lebih besar. Teksturnya pun begitu lembut dengan isian buah durian yang melimpah dan pastinya asli durian, ya. Tak hanya rasanya yang lezat, bakpia ini juga memiliki pengemasan yang unik menggunakan dus berbentuk segitiga sama kaki.

Harga bakpia ini cukup terjangkau, mulai dari Rp30.000-an saja, lho. Alamat lengkapnya adalah Bangjo, Jl. Raya Solo-Tawangmangu Barat, Papahan, Kec. Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57722. Jam operasionalnya mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB setiap hari. 

Serabi Notosuman

Tak lengkap rasanya jika ke Solo tak membeli Serabi Notosuman yang telah begitu populer dan legendaris. Kamu bisa mendapatkannya sebagai oleh-oleh di dua toko paling populer, yakni Serabi Notosuman Ny. Lodia dan Serabi Notosuman Ny. Handayani. Toko oleh-oleh di Solo tersebut sama-sama menawarkan lezatnya serabi, yang berbeda hanya kemasannya saja.

Menu legendarisnya adalah serabi original dengan cita rasa gurih santan kelapa dan serabi dengan topping cokelat meses. Kamu bisa mengunjungi tokonya pada alamat Jl. Moh. Yamin No.28, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57152. Jam operasionalnya mulai pukul 05.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB setiap hari. Perlu kamu ingat bahwa serabi hanya bisa bertahan selama 24 jam sehingga lebih cocok untuk oleh-oleh jarak dekat.

Solo Floss Roll

Toko oleh-oleh di Solo yang tak boleh Sobat Djava lewatkan adalah Solo Floss Roll. Oleh-oleh yang satu ini sangat kekinian yang populer dengan cita rasa abon yang gurih. Hidangan ini seperti roti abon gulung dengan tekstur roti yang padat, tetapi tetap empuk. Abonnya bersembunyi di dalam dan bertabur di luarnya dengan melimpah.

Varian favorit para pelancong biasanya adalah abon sapi ori. Kemasannya pun menggunakan box yang aman untuk kamu bawa ke lua kota. Alamatnya adalah Jl. Ir. Sutami No.1, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126. Jam operasional toko ini mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB setiap hari. 

Pasar Gedhe Hardjonagoro

Toko oleh-oleh di Solo selanjutnya yang recommended berada di kawasan pasar tertua di Solo, yakni Pasar Gedhe Hardjonagoro. Terdapat banyak kios yang menjajakan makanan khas Surakarta, yakni intip yang terbuat dari kerak nasi goreng. Ciri khasnya adalah adalah cairan kinco atau gula yang membuatnya begitu nikmat. 

Alamat pasar ini berada di Jl. Utara Pasar Besar No.5-39, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57121. Selain intip, kamu juga bisa membeli banyak oleh-oleh lainnya. Salah satunya adalah minuman rempah yang berkhasiat.

Itulah 5 toko oleh-oleh di Solo yang populer dan wajib kamu jajal. Kira-kira, toko mana yang akan kamu kunjungi nanti? (Rismawati/Djavatoday)

Curug Cilember Bogor, 7 Air Terjun yang Eksotis

Curug Cilember Bogor merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan tujuh air terjun yang eksotis. Objek wisata ini juga memiliki daya tarik lain...

Puncak Becici Jogja, Wisata Alam Murah yang Memesona

Puncak Becici Jogja merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan panorama pegunungan yang memesona. Sesuai namanya, tempat ini berada di atas bukit yang...

Resep Corndog Sosis Mozarella, Camilan Lezat yang Kekinian

Corndog sosis mozarella menjadi salah satu varian yang banyak disukai. Cara membuatnya pun simpel dan mudah ditiru. Kamu bisa berkreasi di dapur sesuka hati...

Pantai Bercak Pacitan: Alamat, HTM, dan Daya Tarik

Pantai Bercak Pacitan merupakan sebuah objek wisata yang menarik karena menyuguhkan panorama bak Raja Ampat. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan pantai dengan air laut...
IMG-20240721-WA0006
IMG-20240721-WA0006

Terpopuler

Lainnya