Senin, Juli 15, 2024

Tips Mengolah Daging Kambing agar Empuk dan Tidak Keras

Mengolah daging kambing gak bisa sembarangan, loh. Jika salah dalam mengolahnya maka akan berakibat daging menjadi keras dan masih bau. Maka dari itu kamu harus melakukan beberapa tips ini kalau mau dagingmu terasa empuk dan tidak keras.

Tips mengolah daging kambing ini juga akan membantumu untuk mengatasi bau khas pada dagingnya. Seperti yang kita tahu bahwa daging kambing memiliki bau yang khas atau disebut juga bau prengus. Jika pengolahannya tidak benar maka bau ini akan terus menempel meski sudah dimasak.

Di momen Iduladha ini memang menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul dengan sanak saudara. Hidangan yang disajikan tentunya tak jauh-jauh dari olahan daging kurban. Nah, biar masakanmu enak dan tak bau kamu bisa nih melakukan tips berikut.

Tips Mengolah Daging Kambing

Berikut tips mengolah daging kambing agar terasa empuk dan bebas bau.

Jangan langsung dicuci

Tips mengolah daging kambing yang pertama yaitu jangan cuci daging kambing terlebih dahulu. Mencuci daging kambing justru dapat membuat teksturnya menjadi lebih keras dan aroma prengus makin keluar.

Jika kamu sudah terlanjur mencucinya maka kamu bisa menggunakan garam. Taburkan garam di atas daging yang sudah terlanjur dicuci. Garam dapat berperan sebagai penetralisir bau prengus pada daging.

Marinasi menggunakan nanas

Jika kamu menginginkan daging yang empuk maka gunakanlah buah nanas. Buah ini menjadi salah satu andalan untuk membuat daging kambing empuk. Tak hanya itu, ternyata buah ini juga bisa menghilangkan bau prengusnya.

Caranya cukup mudah, loh, Sobat Djava. Kamu hanya perlu potong kecil nanas atau memarutnya. Kemudian, balurkan pada daging kambing dan tunggu selama 20 menit.

Gunakan daun pepaya

Tips mengolah daging kambing yang berikutnya yaitu dengan memanfaatkan daun pepaya. Jika kamu tidak memiliki buah nanas maka kamu bisa menggunakan daun pepaya yang tentunya lebih mudah didapat.

Daun pepaya ampuh menghilangkan bau sekaligus membuat daging menjadi lebih empuk. Bungkus dan remas daging kambing menggunakan daun pepaya minimal 45 menit. Setelah itu, barulah kamu bisa memasak daging kambing sesuai seleramu.

Gunakan rempah-rempah

Indonesia adalah negara yang kaya akan rempah-rempah. Selain bisa menjadi pelengkap rasa, rempah-rempah ini juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau sekaligus membuat daging menjadi lebih empuk.

Kamu bisa menggunakan jahe, kunyit, kapulaga, kayu manis, cengkeh, dan bawang putih. Haluskan semua bahan dan baluri ke seluruh permukaan daging.

Potong kecil daging

Tips mengolah daging kambing yang terakhir yaitu dengan memotongnya kecil-kecil. Potonglah daging kambing dengan cara melawang seratnya. Kamu juga bisa memukul-mukul daging sebelum dimasak.

Itu dia tips mengolah daging kambing agar empuk dan tidak bau. Yuk mulai eksekusi daging kambingmu. Semoga berhasil, ya. (Ume/Djavatoday)

Ini Dia Rekomendasi Bakery di Bandung yang Hits dan Ramai Pembeli!

Rekomendasi Bakery di Bandung yang ngehits ini tentu menyediakan berbagai macam roti dan kue yang lezat, makanya sering banget dikunjungi walaupun ada yang berada...

Rumah Makan Khas Sunda di Bandung yang Recommended!

Rumah makan khas Sunda merupakan sebuah restoran atau kedai sederhana yang menawarkan ragam menu khas Sunda.

Resep Tahu Jeletot Isi Ayam, Pedasnya Bikin Ketagihan!

Resep tahu jeletot wajib banget kamu cobain nih. Terutama bagi kamu si pencinta makanan pedas. Tahu jeletot merupakan camilan yang terbuat dari tahu kulit...

Resep Onigiri Ala Jepang, Cocok untuk Bekal Makan Siang

Resep onigiri ala Jepang bisa kamu coba di rumah untuk bekal makan ke sekolah ataupun ke kantor. Berbeda dengan sushi yang dibuat dari nasi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya