spot_img
Rabu, November 30, 2022
spot_img

Makanan Khas Tasikmalaya untuk Oleh-oleh

Citruk (Aci Ngegetruk)

Rekomendasi oleh-oleh yang kedua adalah Citruk, jajanan jadul ini berbahan dasar dari tepung kanji. Seperti namanya Citruk (Aci Ngegetruk) untuk tekstur dari jajanan ini agak keras. Namun walapun bertekstur keras tetapi ketika mmemakannya akan ada sensasi renyah ketika sobat djava mengunyahnya.

Proses pembuatannya ialah Tepung kanji akan diberi air hingga membentuk adonan, kemudian diberi bumbu-bumbu untuk memunculkan cita rasa. Ketika sudah selesai menjadi adonan kemudian bentuk menjadi bulatan kecil-kecil, terakhir jemur sampai kering dan bisa langsung digoreng.

Kolongtong Tasikmalaya

Makanan khas Tasikmalaya selanjutnya tidak kalah unik adalah Kolontong, jajanan legend yang berbahan dasar ketan ini tidak tertindas oleh zaman. Bentuknya sendiri dari makanan ini adalah lonjong yang memiliki ronga-ronga pada sisinya membuat makanan ini akan terasa manis bercampur renyah.

Bahan-bahan pembuatnya juga cukup mudah hanya memerlukan beras ketan, gula aren dan juga gula pasir. Kemudian proses pembuatannya dengan merendam beras ketan selama 2 malam, lalu memasaknya sebentar. Kemudian ketan yang dimasak akan ditumbuk menjadi adonan halus menambahkan gula aren dan gula pasir secukupnya.

Adonan yang sudah kalis akan dibentuk pipih kemudian dijemur sampai kering. Penggorengan adonan klontong menggunakan pasir, setelah masak klontong akan bercampur lagi dengan gula aren dan gula pasir yang sebelumnya sudah mencair.

Makanan khas ini sangat cocok sekali berteman dengan kopi maupun teh. Cita rasa yang manis dan gurih menambah sensasi sobat djava menikmati waktu senggang.

Kue Tutug Oncom

Biasanya kue identik dengan rasanya yang manis, lain lagi dengan kue yang satu ini. Kue Tutug Oncom memiliki rasa pedas dan guris, karena bahan dasarnya sendiri terbuat dari olahan oncom itu sendiri.

Mungkin sobat djava merasa aneh ketika baru mendengarkannya. Biasanya perpaduan tutug oncom ini dengan Nasi yang biasa kita kenal dengan Nasi Tutug Oncom (TO). Sobat djava bisa bayangkan perpaduan antara oncom kemudian aromatik dari kencur dan mencampurkannya dengan adonan kue menjadi satu.

Tapi tidak seaneh itu untuk rasa asli dari kue tutug oncom ini sobat djava. Rasa dari Kue kering ini justru unik karena ketika kalian memakan akan ada rasa gurih kemudian pedas dan asin berpadu dengan wangi dari kencur. Seakan menambah sensasi yang berbeda saat memakannya.

Sobat djava harus mencoba dan menjadi kue oncom ini mejadi buah tangan saat melakukan perjalanan ke Tasikmalaya. Tempat pasti untuk makanan ini berada di Kecamatan Indihiang yang diproduksi langsung oleh Navitizi Cookies.

Jajan Ladu Khas Tasimalaya

Makanan khas Tasikmalaya yang terkahir media Djava rekomendasi adalah si hitam pekat yang digemari para wisatawan yang berkunjung ke Tasik. Yap ladu adalah jajan berbahan dasar ketan hitam yang bertekstur kenyal berpadu dengan kelapa dan gula aren.

Itulah rekomendasi makanan khas Tasikmalaya yang dapat sobat djava coba saat berkunjung di Tasikmalaya. Bukan karena harganya yang terbilang terjangkau tetapi soal rasa dari makanan khas di atas juga tidak perlu diragukan. Untuk itu sobat djava tidak perlu ragu untuk mencoba jajanan khas Tasikmalaya ini. (Husni/CN/Djavatoday)

Kudapan Brolendo, Perpaduan Brownis dan Galendo Khas Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Galendo adalah makanan tradisional khas Ciamis, Jawa Barat. Makanan tersebut terbuat dari ampas minyak kelapa. Galendo itu kemudian dipadukan dengan makanan...

Gorengan Ala Korea Menggunakan Tepung Kobe, Enak dan Renyah

Gorengan ala korea adalah salah satu makanan yang trend di Indonesia, terutama bagi kaum pecinta drama korea (drakor). Gorengan ala korea juga sudah banyak...

Menantea Milik Jerome Polin Hadir di Tasikmalaya, Yuk Cobain

Menantea milik Jerome polin merupakan sebuah minuman yang dominan dengan rasa teh. Terbuat dari teh lokal dan memakai potongan buah asli pada sebagian varian...

Resep Olahan Ubi Ungu yang kekinian, Sudah Pastinya Enak!

Resep olahan ubi ungu merupakan olahan makanan yang unik berbahan dasar ubi ungu yang seperti kita ketahui banyak manfaatnya. Ubi ungu memang memiliki banyak...
- Advertisment -Advertisment

Terpopuler

Lainnya