Minggu, Juli 14, 2024

Kuliner legendaris di Bandung, Sederhana tapi Bikin Nostalgia

Kuliner legendaris di Bandung ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin menelusuri nuansa Kota Kembang pada masa lampau. Dengan konsep tempat dan menu sederhana, deretan kuliner ini akan memberikan ingatan nostalgia dan cita rasa yang khas. Tempat-tempat kuliner ini juga bisa menjadi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin bersantai sambil nongkrong bersama teman. Harganya pun masih terjangkau untuk semua kalangan.

Bandung memang tak pernah gagal memenuhi kebutuhan healing masyarakat sekitar dengan wisata kulinernya yang autentik. Tak heran jika kota ini selalu menjadi kiblat bagi para penikmat kuliner dan wisata alam. Suasana Bandung yang syahdu apalagi setelah hujan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

5 Kuliner Legendaris di Bandung

Jika kamu berencana untuk menghabiskan waktu liburan di Bandung, tak ada salahnya untuk mencoba menikmati kuliner rekomendasi kami. Dengan hidangan dan tempat sederhana, kuliner legendaris di Bandung ini siap memanjakan lidahmu. Yuk, simak selengkapnya dalam penjelasan berikut ini.

Cuanki Serayu

Siapa yang tak kenal dengan hidangan khas Bandung yang satu ini, yakni cuanki yang berasal dari singkatan cari uang jalan kaki. Kedai cuanki khas Bandung yang legendaris adalah Cuanki Serayu yang telah berkiprah sejak tahun 1990. Nama Serayu sendiri berasal dari nama jalan tempat kedai cuanki ini berada, yakni Jalan Serayu. Meskipun kedai ini hanya menyediakan dua menu, yakni cuanki dan batagor kuah serta goreng, pembelinya selalu ramai hingga antre!

Kopi Purnama

Kuliner legendaris di Bandung yang selanjutnya adalah Warung Kopi Purnama yang telah ada sejak tahun 1930, lho. Kedai kopi ini memiliki bangunan khas lampau yang masih sederhana dengan suasana tenang yang nyaman. Kenu yang tersedia di antaranya camilan dan kopi khasnya yang nikmat, seperti kopi hitam, kopi susu, dan amsih banyak lagi. 

Meskipun tempatnya sederhana, desain interiornya tetap aesthetic dan cocok menjadi spot fotomu. Warung Kopi Purnama berlokasi di Jl. Alkateri No.22, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111. Kamu bisa mengunjunginya mulai pukul 06.30 sampai dengan pukul 22.00 WIB setiap hari.

Pisang Goreng Simanalagi

Untuk kalian pecinta gorengan, Pisang Goreng Simanalagi wajib kamu nikmati sambil nongkrong bersama teman. Kuliner legendaris di Bandung yang satu ini sudah ada sejak tahun 1943, alias telah berjualan selama 81 tahun! Meski telah berusia hampir satu abad, kedai ini masih mempertahankan bentuk asli bangunannya. Begitupun dengan cita rasa pisang gorengnya yang autentik dan memiliki banyak varian rasa. 

Selain pisang goreng, kamu bisa menikmati gorengan lainnya seperti cireng isi, lumpia goreng, hingga combro. Alamat kedai ini adalah Jalan Pasirkaliki No 25-27 Paskal Food Market Kebon Jeruk, Ciroyom, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40181. Jam operasionalnya mulai pukul 11.00 sampai dengan pukul 23.30 WIB setiap hari.

Susu Ijan

Susu Ijan menjadi kuliner legendaris di Bandung berikutnya yang recommended untuk kamu kunjungi. Kedai ini berusia 4 tahun lebih muda dari Pisang Goreng Simanalagi, yakni 77 tahun. Haji Ijan sebagai pemilik kedai mengaku bahwa awalnya susu segar dijajakan dengan cara berkeliling menggunakan sepeda. Kini kamu dapat menikmatinya setiap tegukan susu segarnya sembari nongkrong di kedainya yang nyaman. 

Nikmatilah segarnya susu murni yang memiliki raham varian rasa, seperti coco pandan, gula aren, karamel, hingga durian. Kamu bisa menikmatinya bersama menu pastry sembari berbincang santai bersama orang tersayang. Lokasi kedai ini tak jauh dari pusat kota, tepatnya di Jl. Pungkur No.4, Pungkur, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40252. Kunjungi kedai ini mulai pukul 05.00 sampai pukul 21.00 WIB setiap hari. 

Mie Kocok Mang Dadeng

Ke Bandung tanpa mencicipi hidangan khasnya berupa mie kocok rasanya ada yang kurang. Kami memiliki rekomendasi mie kocok legendaris yang menyajikan cita rasa lezat sejak tahun 1960. Kuliner legendaris di Bandung tersebut adalah Mie Kocok Mang Dadeng yang cabangnya sudah cukup menjamur di Kota Kembang. Salah satunya berada di Jl. K.H. Ahmad Dahlan No.67, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 61419.

Itulah 5 spot kuliner yang legendaris recommended di Bandung. Jadi, kapan kamu akan meluangkan waktu untuk masa lalu di tempat-tempat kuliner legendaris di Bandung ini? (Rismawati/Djavatoday)

Rumah Makan Khas Sunda di Bandung yang Recommended!

Rumah makan khas Sunda merupakan sebuah restoran atau kedai sederhana yang menawarkan ragam menu khas Sunda.

Resep Tahu Jeletot Isi Ayam, Pedasnya Bikin Ketagihan!

Resep tahu jeletot wajib banget kamu cobain nih. Terutama bagi kamu si pencinta makanan pedas. Tahu jeletot merupakan camilan yang terbuat dari tahu kulit...

Resep Onigiri Ala Jepang, Cocok untuk Bekal Makan Siang

Resep onigiri ala Jepang bisa kamu coba di rumah untuk bekal makan ke sekolah ataupun ke kantor. Berbeda dengan sushi yang dibuat dari nasi...

Resep Coklat Truffle Hanya dengan Dua Bahan Utama

Resep coklat truffle emang cocok banget buat kamu jadiin menu camilan sehari-hari. Selain cocok buat camilan peneman santaimu, coklat truffle juga bisa dijadikan sebagai...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya