Senin, Juli 15, 2024

Cara Mengolah Daging Kambing Supaya Empuk dan Tidak Bau

Mengolah daging kambing harus dilakukan dengan benar supaya tidak alot dan bau perengusnya hilang. Daging kambing merupakan sumber protein hewani yang rendah lemak, juga mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti zat besi misalnya. Kandungan protein dan zat besi yang terdapat pada daging kambing ternyata lebih banyak dari daging sapi, lho! Rasanya kuat dan tajam, apalagi bagian punggung dan paha. Sayangnya, daging kambing memiliki tekstur yang padat dan alot.

Untuk mendapatkan tekstur yang empuk, mengolahnya memang gampang-gampang susah. Agar daging kambing tidak keras dan bebas dari baunya yang khas, kamu harus tahu cara yang benar untuk mengolahnya. Walau sudah merasa yakin, kadang baunya tetap tercium dan rasanya pun alot. Nah! Supaya kejadian yang tidak diinginkan itu tidak terjadi, cobalah lakukan tips-tips berikut ini.

Mengolah Daging Kambing Supaya Empuk dan Tidak Bau, Ini Dia Tipsnya! 

Mengolah daging kambing dengan beberapa cara efektif di bawah ini akan membantu kamu mendapatkan hasil olahan yang lezat. Yuk, ikuti langkah-langkah berikut!

Tidak perlu mencuci daging

Mengolah daging kambing sebaiknya langsung saja tanpa harus dicuci terlebih dahulu. Sebab mencuci daging kambing akan membuat teksturnya lebih keras dan baunya semakin kentara. Cukup bersihkan kotoran yang menempel pada daging menggunakan tangan atau diiris tipis dengan pisau.

Marinasi daging dengan nanas

Enzim protase yang terkandung di dalam buah nanas dikenal dapat mengempukkan daging. Lebih daripada itu, nanas juga ampuh menghilangkan bau perengus pada kambing. Caranya sederhana, kamu bisa memotongnya menjadi ukuran yang kecil atau memarutnya sampai halus. Lumuri nanas ke setiap permukaan daging kambing dan tunggu selama 20-30 menit. Jangan lupa gunakan buah nanas yang segar ya! 

Bungkus dengan daun pepaya

Mengolah daging kambing dengan benar dapat pula dilakukan dengan cara membungkusnya menggunakan daun pepaya. Konon, getah daun pepaya memiliki kandungan papain yang bisa membuat tekstur daging jadi lebih empuk dan tidak bau. Kamu hanya perlu mendiamkannya selama 45-60 menit. 

Buang lemak pada daging

Sebelum memasak daging kambing, buang dulu lemaknya. Lemak berlebih pada daging kambing dapat memicu bau tak sedap semakin menyengat. Itulah sebabnya mengapa lemak yang menempel harus dibuang atau dipotong sebelum mengolahnya menjadi masakan.

Baluri atau rebus dengan rempah-rempah

Sebelum dengan rempah-rempah, alangkah lebih baik kamu merebusnya dengan air garam terlebih dahulu. Kemudian lanjut baluri atau rebus daging dengan rempah-rempah, seperti jahe, kunyit, kayu manis, daun salam, daun kari, cengkeh, dan semacamnya. Diamkan kurang lebih selama 20 menit untuk menghilangkan baunya.

Itu dia tips-tips mengolah daging kambing supaya empuk dan tidak bau. Namun, selezat apa pun hasilnya nanti, kamu tetap disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsinya. Terutama bagi kamu yang menderita hipertensi. (Karin/Djavatoday)

Ini Dia Rekomendasi Bakery di Bandung yang Hits dan Ramai Pembeli!

Rekomendasi Bakery di Bandung yang ngehits ini tentu menyediakan berbagai macam roti dan kue yang lezat, makanya sering banget dikunjungi walaupun ada yang berada...

Rumah Makan Khas Sunda di Bandung yang Recommended!

Rumah makan khas Sunda merupakan sebuah restoran atau kedai sederhana yang menawarkan ragam menu khas Sunda.

Resep Tahu Jeletot Isi Ayam, Pedasnya Bikin Ketagihan!

Resep tahu jeletot wajib banget kamu cobain nih. Terutama bagi kamu si pencinta makanan pedas. Tahu jeletot merupakan camilan yang terbuat dari tahu kulit...

Resep Onigiri Ala Jepang, Cocok untuk Bekal Makan Siang

Resep onigiri ala Jepang bisa kamu coba di rumah untuk bekal makan ke sekolah ataupun ke kantor. Berbeda dengan sushi yang dibuat dari nasi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya