Minggu, Oktober 17, 2021

Aneka Resep Asinan Buah dan Sayur yang Praktis dan Menyegarkan

Aneka resep asinan yang super segar terdiri dari asinan buah dan asinan sayur. Asinan merupakan sajian sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran. Bahan-bahan yang diacarkan ini ialah sayuran dan juga buah-buahan yang memiliki cita rasa menyegarkan. Makanan ini merupakan hidangan khas Indonesia yang memiliki ciri tersendiri di setiap daerahnya.

Yang paling terkenal adalah asinan Bogor dan asinan Betawi dengan ciri khasnya masing-masing. Cita rasanya terbilang lengkap karena menyajikan rasa manis, asam, pedas, gurih, dan segar dalam waktu yang bersamaan. Inilah nengapa hidangan yang diaaamkan dengan garam dan cuka ini banyak diminati masyarakat Indonesia. 

3 Aneka Resep Asinan 

Baca juga:

Menyantap asinan biasanya lebih nikmat di siang hari sebagai camilan yang menyegarkan. Hidangan ini juga cocok menjadi penghilang stress, apalagi jika pedasnya nampol. Cara membuatnya pun terbilang praktis dan mudah. Penasaran? Yuk simak 3 aneka resep asinan berikut ini.

Asinan Bogor

Aneka resep asinan yang pertama adalah asinan Bogor by Alfinazulfa. Yuk ikuti resepnya berikut ini.

Bahan-bahan:

1 Buah bengkoang potong dadu

1 Buah nanas kupas cuci dengan air hangat +garam 

2 Buah ketimun buang biji iris tipis 

2 Buah wortel potong korek api

1 Bagian kol/kubis iris tipis

1Genggam tauge potong ujung akar

Kacang goreng secukupnya

Bumbu asinan:

1 Liter air mineral (boleh sampai 1,3liter)

7 Buah cabe merah besar

100 gram cabe keriting

50 gram cabe rawit

10 gram ebi sangrai

1 Papan terasi abc disangrai

5 gram garam

150 gram gula pasir

3 sendok makan air lemon 

30 mili cuka masak

Cara membuatnya adalah masukkan semua bumbu dalam blender dan hancurkan hingga halus. Lalu, saring dan tambahkan gula serta garam. Rebus sampai mendidih kemudian matikan api. Aduk terus sampai busa cabe menghilang. 

Selanjutnya, tuang air lemon dan cuka lalu aduk rata. Dinginkan bumbu asinan, selagi menunggu bumbu asinan dingin, tata sayur dan buah asinan di mangkuk kaca lalu tuang bumbu cair asinan tadi. Tutup mangkuk dan simpan dikulkas semalaman. Saat hendak disantap keesokan harinya, taburi dengan kacang goreng agar lebih yummy.

Asinan Betawi

Aneka resep asinan yang kedua adalah asinan Betawi by Icha Irawan. Bahan dan bumbunya sebenarnya lebih praktis dibandingkan dengan asinan Bogor. Yuk, simak resepnya berikut ini.

Bahan-bahan:

2 Buah wortel, potong korek api

100 Gram tauge

Kol, iris tipis

2 Buah tahu goreng putih, potong dadu

Daun selada secukupnya

Kacang goreng untuk taburan

Kerupuk mi kuning

Bahan saus:

80 Gram kacang goreng

6 Buahk cabe merah keriting 

1 Sendok makan pasta asam jawa 

40 Gram gula jawa/gula merah

300 Mili air 

1 Sendok teh garam/sesuai selera

Cara membuat asinan Betawi adalah dengan mencampurkan semua bahan saus kacang dalam panci (sauce pan). Masaklah hingga mendidih dan sedikit mengental. Cicipi, koreksi rasa, dan dinginkan. Selagi menunggu dingin, tata sayuran di piring atau mangkuk.

Biarkan semua bahan dalam piring tetap mentah, kecuali tahu goreng dan kacang goreng. Siramkan saus di atas bahan-bahan sayuran tadi. Terakhir, sajikan dengan kerupuk mie kuning diatasnya. Asinan Betawi pun siap disantap.

Asinan Buah 

Aneka resep yang selanjutnya adalah asinan buah by Lina Sutiono. Resep ini adalah yang paling praktis di antara ketiga resep ini. Berikut bahan-bahan yang harus disiapkan dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan (kuantitas sesuai selera):

Buah strawbery 

Buah jambu

Buah nanas

Buah jJeruk songkit 

Air secukupnya

Garam

Gula pasir

Bumbu halus:

Cabe merah 

Cabe keriting

Cara membuat asinan buah yakni dimulai dengan memotong buah, kemudian sisihkan. Selanjutnya, ulek atau blender semua cabe lalu tuangkan air masak hingga mendidih. Beri garam dan gula pasir, setelah itu biarkan dingin. 

Masukkan semua buah potong ke dalam bumbu cair yang telah dibgin lalu kucuri dengan jeruk songkit. Cicipi, koreksi rasa, kemudian santap dengan nikmat.

Itulah 3 aneka resep asinan buah dan sayur yang bisa kamu coba di rumah. Sajikan dingin saat siang hari akan terasa sangat menyegarkan. Selamat mencoba, Sobat Djava!

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU