Kamis, Juli 11, 2024

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung nutrisi penting seperti elektrolit dengan kadar tinggi yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Minum air kelapa untuk melepas dahaga saat cuaca sedang panas atau pada saat berpiknik di pantai sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Bahkan, air kelapa kerap direkomendasikan kepada orang-orang yang sedang dalam keadaan kurang sehat.

Manfaat air kelapa tak hanya dijadikan alternatif untuk mengatasi gejala dehidrasi ringan, masih ada banyak kegunaan yang bisa kamu peroleh setelah mengonsumsinya.  

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Punya khasiat yang luar biasa dan dipercaya sebagai kunci untuk mengatasi berbagai penyakit, ini dia segudang manfaat air kelapa yang harus kamu ketahui!

Meningkatkan stamina

Karbohidrat berbentuk gula alami yang terkandung di dalam sebuah kelapa dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh. Energi yang diperoleh akan meningkat, kamu pun akan lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas. Air kelapa juga menjadi andalan para atlet untuk menjaga staminanya saat hendak bertanding lho!

Menurunkan tekanan darah

Kalium dapat ditemukan dalam beberapa jenis buah, salah satunya ialah kelapa. Mengonsumsi air kelapa yang kaya akan kalium dapat mengontrol tekanan darah normal serta fungsi sel saraf dan otot. Saat mengonsumsi kalium, pembuluh darah dapat mengatasi kerusakan yang disebabkan oleh natrium. Tekanan darah akan berkurang saat natrium dan air dalam tubuh semakin banyak dikeluarkan. 

Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat air kelapa selanjutnya adalah menjaga daya tahan tubuh supaya tetap kuat dan tidak kewalahan meski telah melalui berbagai aktivitas yang melelahkan. Air kelapa memiliki sifat antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Selain itu, air kelapa juga mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga imunitas tubuh.

Mengatasi sembelit

Air kelapa mengandung sejumlah nutrisi penting bagi tubuh, salah satunya ialah serat. Nah! Untuk meredakan sembelit, kamu perlu mengonsumsi serat yang dipercaya dapat melancarkan sistem pencernaan. Serat membantu tinja lebih lunak sehingga mudah untuk dikeluarkan. Kamu dianjurkan pula mengonsumsi daging buah kelapa yang juga kaya akan serat.

Mencegah penyakit batu ginjal

Batu ginjal terjadi saat kadar zat kimia pada organ ginjal semakin tinggi yang kemudian membentuk kristal dalam urine, sehingga menyebabkan rasa sakit ketika buang air kecil. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi air kelapa yang memiliki sifat diuretik alami. Hal itu dapat mencegah terjadinya penumpukan kristal yang berperan sebagai awal terbentuknya batu ginjal. 

Itu dia manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh. Tak sampai di situ, air kelapa juga bermanfaat sebagai antibakterial yang dapat mencegah infeksi dalam tubuh. Yuk, buktikan sendiri khasiatnya! (Karin/Djavatoday) 

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...

5 Cara Efektif Meredakan Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Meredakan sakit gigi bisa dilakukan dengan bantuan dokter atau menggunakan bahan alami, sehingga kamu dapat melakukannya sendiri di rumah. Sebelum makin parah, cobalah untuk...

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daging kambing ternyata begitu banyak untuk kesehatan tubuh kita karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya