Senin, Oktober 25, 2021

Kebutuhan Nutrisi Pasien Isoman Covid-19, Yuk Simak!

Kebutuhan nutrisi pasien isoman atau isolasi mandiri Covid-19 merupakan kebutuhan yang harus diperhatikan agar bisa kembali sehat. Kesembuhan dari virus corona bergantung pada antibodi pasien, imunitas tubuh, dan protokol kesehatan yang dilakukan. Untuk meningkatkan antibodi atau imunitas tubuh, pasien isoman harus memenuhi kebutuhan nutrisinya. Hal ini tentu bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan.

Seorang Ahli Gizi Rita Ramayulis menyatakan bahwa pemenuhan nutrisi pasien isoman Covid-19 bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan gizi seimbang. Makanan tersebut harus dikonsumsi setiap hari. 

Kebutuhan Nutrisi Pasien Isoman 

Baca juga:

Kira-kira, nutrisi apa saja untuk memenuhi gizi seimbang agar nutrisi terpenuhi? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral menjadi kebutuhan nutrisi pasien isoman Covid-19 yang terpenting. Bahkan kadar vitamin dan mineral yang dibutuhkan sangat tinggi. Untuk Anda yang sedang isoman, minumlah air putih yang banyak minimal delapan gelas per hari. Konsumsi juga tiga porsi sayur dan tiga porsi buah untuk pemenuhan vitamin C.

Hal tersebut sejalan dengan dr. Dion Haryadi yang menyarankan mengonsumsi tiga jenis sayuran saat makan besar. Agar nutrisinya tetap terjaga, masaklah sayuran tersebut dalam suhu yang rendah. Hindari mengonsumsi gorengan karena tinggi akan kalori. Tetap perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. 

Vitamin yang diutamakan adalah vitamin C, vitamin D, dan Zinc. Bagi penderita lambung, konsumsilah vitamin C yang non-acidic. Beberapa sumber vitamin C yang dianjurkan adalah jeruk, jambu, tomat, pepaya, dan lainnya. Vitamin C memang berfungsi untuk melawan infeksi virus, tetapi pastikan tidak berlebihan juga, ya!

Selanjutnya adalah vitamin D yang berfungsi memperkuat imun saat tubuh melawan infeksi virus. Kebutuhan nutrisi pasien isoman terhadap vitamin D bisa dipenuhi dengan mengonsumsi makanan seperti sarden, susu, kuning telur, dsb. Vitamin D juga bisa didapatkan dengan berjemur di bawah sinar matahari.

Lalu, pasien isoman juga disarankan mengonsumsi mineral Zinc. Biasanya terdapat pada tempe, daging sapi tanpa lemak, buncis, makanan laut, dan lainnya.

Suplemen Kesehatan

Selain vitamin dan mineral dari sayuran dan buah-buahan, suplemen kesehatan juga diperlukan, lho. Suplemen kesehatan diperlukan untuk menyempurnakan dan melengkapi kebutuhan nutrisi pasien isoman Covid-19. Apalagi bagi Anda yang terinfeksi virus corona, suplemen kesehatan adalah suatu keharusan. Anda bisa membeli suplemen kesehatan di apotek terdekat.

Pastikan juga untuk mengetahui dosis suplemen dan sesuaikan dengan usia Anda. Akan lebih baik jika Anda mengonsultasikannya kepada dokter. 

Cairan Elektrolit

Pasien isolasi mandiri Covid-19 juga rentan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, diperlukan mengonsumsi kandungan cairan elektrolit. Salah satunya terdapat pada air kelapa. Selain itu, cairan elektrolit juga terdapat pada sayuran hijau, buah-buahan, produk susu, kacang dan biji-bijian, garam meja, dan lainnya.

Anda juga bisa membeli minuman elektrolit instan yang telah tersedia di pasaran. Konsumsilah cairan elektrolit dengan kadar secukupnya agar kebutuhan nutrisi pasien isoman tercukupi.

Nah, itulah kebutuhan nutrisi pasien isoman Covid-19 yang wajib dipenuhi agar bisa kembali pulih. Yang terpenting adalah jangan sampai stress dan overthinking. Tetap konsumsi nutrisi seimbang, berolahraga, berjemur, dan patuhi protokol kesehatan. 

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU