Minggu, Oktober 17, 2021

Gerakan Olahraga Mata untuk Terapi Mata Minus, Yuk Coba!

Gerakan olahraga mata merupakan gerakan mata yang dilakukan dengan tujuan tertentu. Bisa untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan penglihatan mata, atau untuk terapi mata minus. Untuk terapi mata minus, terdapat 7 gerakan yang bisa kamu lakukan setiap harinya. Berikut penjelasan selengkapnya.

7 Gerakan Olahraga Mata untuk Mata Minus

Mata minus (Miopia) atau rabun jauh merupakan suatu kondisi yang membuat seseorang kesulitan melihat benda jarak jauh. Penanganan untuk mata minus bisa dilakukan dengan memakai kacamata yang telah disesuaikan. Bisa juga dengan memakai softlens atau bedah retraktrif. Sementara itu, untuk perawatannya kamu bisa melakukan terapi mata minus seperti berikut ini.

Putar Bola Mata

Baca juga:

Gerakan olahraga mata yang pertama adalah dengan memutar bola mata searah jarum jam. Gerakan ini akan meningkatkan otot mata sehingga kemampuan penglihatan akan membaik. Jika melakukannya secara teratur, mata pun tidak akan mudah lelah. Caranya, duduklah dengan nyaman dan rileks, lihat pojok kanan mata, ke atas, ke kiri, dan ke bawah searah jarum jam.

Pejamkan Mata

Saat bekerja seharian, apalagi bekerja di depan layar komputer atau gadget membuat mata banyak terpapar cahaya. Ini akan menyebabkan mata kelelahan dan otor mata yang melemah. Untuk mencegahnya, pejamkanlah mata setelah menatap layar dalam jangka waktu yang lama. Istirahatkan mata selama beberapa menit setiap menatap layar gadget selama 3-4 jam.

Fokuskan Jari di Hidung

Gerakan olahraga mata yang selanjutnya adalah memfokuskan pandangan pada jari yang diletakkan di hidung selama 1 menit secara teratur. Caranya, rilekskan tubuh dan duduklah dengan posisi sila senyaman mungkin. Kemudian, fokuskan penglihatan pada ujung hidung sehingga penglihatan pada objek lain mengabur. Letakkan ujung jari telunjuk di depan ujung hidung secara perlahan hingga pandangan terfokus padanya.

Terus Berkedip Selama 1 Menit

Mata yang kering akan menyebabkan iritasi dan memudahkan debu masuk pada mata. Ternyata, berkedip bisa mengatasinya karena berkedip bisa membersihkan bola mata dan melembapkan mata. Gerakannya cukup mudah, kedipkan mata selama 30 atau 60 detik secara teratur dan terus-menerus. Ini juga bermanfaat bagi mata yang sering terpapar udara dingin.

Lihat Objek Maju-mundur

Gerakan olahraga mata yang berikutnya adalah dengan melihat objek secara maju-mundur. Caranya, letakkan pensil di depan mata dan fokuskan pandangan pada ujung pensil. Gerakkan pensil secara maju dan mundur secara perlahan dan berulang-ulang. Ingatlah mata harus tetap fokus pada ujung pensil, kamu bisa melakukan gerakan ini dengan posisi duduk atau berdiri.

Fokus Satu Titik

Berbeda dengan gerakan sebelumnya di mana objek digerakkan secara maju-mundur, gerakan ini cukuo melihat objek diam. Misalnya, kamu fokuskan pandangan pada satu titik benda selama 1 atau 2 menit. Kamu bisa melakukannya dengan posisi berdiri atau duduk asalkan oandangan fokus pada satu titik.

Pijat Mata

Gerakan olahraga mata yang satu ini butuh kehati-hatian khusus karena jika terlalu memijat dengan keras akan menyebabkan mata iritasi. Cara tepatnya adalah duduklah dengan tegak dan nyaman, letakkan jari telunjuk dan tengah pada masing-masing kelopak mata. Kemudian, pijat memutar secara perlahan selama 10 detik. Pijat di bagian kelopak mata bawah dengan gerakan yang sama pula untuk meringankan kelelahan mata.

Nah, itulah gerakan olahraga mata terlebih untuk mata minus yang bisa kamu lakukan setiap hari di mana pun. Olahraga ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi mata. Lakukan dengan benar dan tepat, ya. Jika memerlukan tutorial secara visual, kamu bisa mencari informasi olahraga mata di aplikasi seperti YouTube.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU