Minggu, Oktober 17, 2021

Bio Saliva, Inovasi Tes PCR dengan Berkumur

Salah satu cara untuk mendeteksi virus corona adalah dengan melakukan Polymerase Chain Reaction atau yang lebih akrab disebut tes PCR. Tes PCR masih menjadi ‘anak emas’ dan diklaim merupakan cara pengetesan yang efektif. Namun ternyata, sekarang sudah ada inovasi tes PCR dengan cara berkumur.

Tes PCR dilakukan dengan melakukan tes usap (swab test) nasofaring di hidung dan tenggorokan. Namun, mayoritas orang mengeluh bahwa prosedur pencolokan hidung dan tenggorokan ini dirasa tidak nyaman.

Baca juga:

Oleh karena itu, perusahaan Bio Farma bekerja sama dengan Nusantic berhasil mengeluarkan produk dengan menggunakan metode berkumur untuk mendeteksi virus corona. Berikut ulasannya.

Baca juga : Inilah Perbedaan Antara Karantina dan Isolasi

Tes kumur Bio Saliva sudah dikembangkan dari awal pandemi

PT. Bio Farma melakukan kolaborasi dengan Nusantara Genetics (Nusantics) untuk merilis salah satu produk yang diyakini efektif selain melakukan tes PCR Swab. Tes PCR dengan berkumur ini juga sebagai salah satu inovasi untuk menjawab keluhan masyarakat terkait tes PCR Swab.

CEO Nusantics, Sharlini Eriza Putri (3/7/2021) mengatakan bahwa sebenarnya Bio Saliva ini sudah dipikirkan dan dikembangkan sejak awal pandemi. Metode tes PCR dengan berkumur ini, masyarakat tidak perlu khawatir lagi dengan metode pencolokan hidung dan tenggorokan.

Sudah mengantongi izin edar dari Kemenkes RI

Proses pengembangan Bio Saliva ini melibatkan >400 sampel pasien positif Covid-19. Sharlini mengatakan bahwa tes ini sudah melewati uji validasi selama 7 bulan.

Nusantics juga bekerja sama dengan beberapa instansi yang direkomendasikan oleh Kemenkes RI, diantaranya Fakultas Kedokteran Universitas Dipenogoro, Rumah Sakit Nasional Dipenogoro, dan Rumah Sakit Umum Pusat Dr, Kariadi.

Pada tanggal 1 April 2021, Bio Saliva resmi mendapatkan izin edar dari Kemenkes RI dengan nomor izin edar AKD 10302120673.Pihak Nusantics juga memberitahukan bahwa Bio Saliva telah dikaji oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik pada awal Mei 2021 yang lalu

Langkah-langkah tes PCR kumur dengan Bio Saliva

Lalu bagaimana caranya melakukan tes dengan Bio Saliva? Terkait pertanyaan ini, akun resmi Instagram Nusantics membagikan langkah-langkahnya.

Hal utama yang harus kamu ingat adalah proses berkumurnya harus di tenggorokan bukan kumur di mulut. Sebelum menggunakan cairan kumur, kamu harus menarik nafas dan batuk-batuk terlebih dahulu agar virusnya bisa naik ke tenggorokan dan terdeteksi lewat cairan kumur.

Karena proses berkumurnya di tenggorokan, maka posisi kepala harus mendongak ke atas. Kamu tidak perlu khawatir jika cairannya tertelan karena produk ini tidak berbahaya. Setelah selesai, hasil kumur tersebut bisa dibawa ke layanan kesehatan untuk diperiksa. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU