Rabu, Oktober 27, 2021

9 Makanan untuk Menambah Berat Badan Janin

Kondisi pertumbuhan janin merupakan salah satu hal penting yang menjadi perhatian para dokter dan orang tua. Apabila melalui pemeriksaan diketahui berat badan janin masih kurang, maka sang ibu perlu memperbaiki pola makannya sehari-hari.

Memilih asupan untuk memperbaiki berat badan selama kehamilan bukan hanya terfokus pada kuantitas, melainkan diutamakan pada kualitas makanannya. Pilihlah makanan yang padat gizi namun tidak berlebihan. Berikut ulasannya.

Baca juga:

Baca juga : 7 Rekomendasi Jus Sehat untuk Ibu Hamil

Ubi jalar

Ubi jalar mengandung karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk menambah berat badan janin yang ada dalam kandungan. Selain itu, ubi jalar juga mengandung serat, kalium, vitamin B6, zat besi dan beta-karoten.

Kandungan beta-karoten akan diolah dalam tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A ini sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan janin. Mama bisa mengolah ubi dengan berbagai cara, namun olahan yang paling sehat adalah dengan cara direbus.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung kalsium, mineral dan juga serat. Selain itu, kacang juga mengandung seng yang bisa menambah berat badan janin dan mengurangi risiko kelahiran prematur.

Jeruk

Buah jeruk sangat kaya akan vitamin C, kalium dan juga asam folat. Asam folat merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh janin agar terhindar dari risiko bayi lahir cacat.

Selain itu buah jeruk juga membantu menyeimbangkan metabolism dan meningkatkan fungsi otot secara keseluruhan. Mama bisa mengkonsumsi jeruk dengan cara memakannya langsung atau dibuat jus agar rasanya lebih enak.

Yoghurt

Kebutuhan kalsium harian seorang ibu hamil berjumlah sekitar 1.000 mg/hari.  Mama bisa memenuhi kebutuhan kalsium ini dengan mengkonsumsi yoghurt. Selain bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi, asupan kalsium yang cukup dapat mengurangi risiko kelahiran prematur dan membantu memperbaiki berat badan janin.

Ikan salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Asam lemak omega 3 sangat baik untuk pertumbuhan janin dan membantu perkembangan organ otak dan juga mata. Selain itu ikan salmon juga kaya akan protein. Jika ingin mengkonsumsinya, pastikan ikannya diolah sampai benar-benar matang.

Sayuran berdaun hijau

Bayam, kangkung dan brokoli adalah beberapa contoh sayuran yang memiliki nutrisi penting dan juga antioksidan. Sayuran jenis ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil terutama pada trimester pertama dan kedua. Agar manfaatnya maksimal, lebih baik sayuran diolah dengan cara direbus atau dikukus.

Daging ayam dan telur

Kedua makanan ini merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh. Ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi daging ayam atau telur untuk menambah berat badan janin dalam kandungan.

Susu dan produk olahannya

Mengkonsumsi 200-500 ml susu per hari dapat membantu meningkatkan berat badan janin dalam kandungan. Selain itu, susu juga mengandung protein dan kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin selama kehamilan. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU