Rabu, Oktober 27, 2021

7 Cara untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak

Pernahkah kamu merasa bahwa akhir-akhir ini kamu sering melupakan sesuatu? Padahal sekarang usiamu masih terbilang muda. Tentunya jika sikap pelupa ini terus dibiarkan, akan ada banyak hal dan kesempatan yang kamu lewatkan.  Lalu bagaimana caranya meningkatkan daya ingat otak agar kita tidak mudah lupa?

Otak merupakan organ tubuh yang sangat penting. Ternyata, otak kita juga memiliki sifat seperti otot dalam tubuh yang akan semakin menguat jika sering mendapatkan pelatihan. Selain itu nutrisi yang cukup juga akan menunjang kecerdasan otak. Berikut 7 jenis olahraga otak untuk meningkatkan daya ingat, antara lain :

Baca juga:

Baca juga : 5 Alasan Ilmiah Kenapa Suami Istri Terlihat Mirip Satu Sama Lain

Gunakan tangan yang tidak dominan

Olahraga otak yang satu ini terbilang unik. Coba lakukan beberapa kegiatan sehari- hari dengan menggunakan tangan yang tidak dominan. Ternyata, menurut para ahli saraf, olahraga otak seperti ini mampu meningkatkan kemampuan dan daya ingat.

Jika kamu terbiasa menggunakan tangan kanan, maka cobalah berlatih untuk menulis, menyapu, atau menarik sesuatu dengan tangan kiri.

Membaca dan menulis

Kebiasaan membaca buku juga sangat baik untuk melatih kemampuan otakmu. Dengan membaca, otakmu akan terus menerima informasi baru sehingga sel-sel dalam otak akan semakin terkoneksi. Kondisi seperti ini akan meningkatkan kemampuan berpikir dan daya ingat otakmu.

Selain membaca, latihlah otakmu dengan cara menulis. Menulis akan mengaktifkan sel-sel dalam otak sehingga saling terhubung satu sama lain.

Mempelajari hal baru

Kamu bisa meningkatkan daya ingat otak dengan mempelajari hal-hal baru. Kegiatan seperti ini akan memberikan stimulus agar otakmu semakin aktif.

Dengan mempelajari hal baru juga akan membuat otakmu semakin terlatih sehingga kemampuan berpikirmu akan terus meningkat.

Belajar bahasa asing

Dalam jurnal Annals of Psychology tahun 2014 disebutkan bahwa kekayaan kosakata ternyata memberikan pengaruh terhadap risiko penurunan daya ingat. Oleh karena itu mulai dari sekarang cobalah untuk mendengarkan dan mempelajari bahasa asing yang kamu minati.

Terus melakukan hobi yang disukai

Jika kamu mempunyai hobi yang positif, tak ada salahnya agar kamu mempertahankan hobi tersebut. Melakukan hobi ternyata dapat menjaga daya ingat. Kamu juga bisa memperdalam hobimu agar bisa mempelajari ilmu dan hal baru.

Olahraga rutin

Selain mengonsumsi makanan yang bernutrisi, ternyata olahraga fisik juga mampu mengurangi penurunan kemampuan otak. Olahraga yang rutin rutin juga mampu meningkatkan kecerdasan otak dan melindunginya dari penyusutan akibat faktor bertambahnya usia.

Tidur yang cukup

Kualitas tidur yang baik akan berpengaruh terhadap peningkatan daya ingat seseorang. Oleh karena itu, seseorang memerlukan istirahat yang cukup agar kemampuan otaknya tetap terjaga. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU