Rabu, Oktober 27, 2021

5 Tips Pemulihan Saat Mengalami Cedera Ringan

Gemar berolahraga memang baik untuk kesehatan. Dengan rutin berolahraga tubuh akan terasa menjadi lebih kuat dan sehat. Bagi orang yang tidak terbiasa berolahraga kemungkinan akan mengalami rasa tidak nyaman setelah melakukannya. Beberapa diantaranya bahkan mengalami keluhan seperti sakit otot ataupun cedera ringan.

Agar terhindar dari cedera, sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berolahraga. Jika mengalami cedera, maka lakukan penanganan secara benar agar tidak menimbulkan masalah yang lebih serius. Berikut ulasannya.

Baca juga:

Baca juga : Gerakan Olahraga Mata untuk Terapi Mata Minus, Yuk Coba!

Hentikan aktivitas olahraga

Ketika merasakan sakit atau nyeri saat berolahraga, segera hentikan aktivitas saat itu juga. Ambil posisi duduk dan istirahatlah terlebih dahulu.

Rasa sakit atau nyeri yang dirasakan saat sedang berolahraga merupakan tanda bahwa tubuh mengalami cedera. Namun banyak orang yang mengabaikan sinyal tubuh ini. Mereka berusaha menahan rasa sakit dan tetap melanjutkan aktivitas olahraganya. Padahal jika sinyal tubuh ini terus diabaikan, bukan tidak mungkin orang tersebut akan mengalami cedera yang lebih parah.

Kompres dengan es

Mengompres area tubuh yang terkena cedera dengan es dapat mengurangi rasa nyeri. Selain itu, es juga berguna untuk mencegah dan mengurangi pembengkakan.

Hindari menggunakan balsem atau obat oles yang bersifat panas karena dapat menyebabkan pembuluh darah terbuka dan area tubuh yang mengalami cedera semakin membengkak.

Gerakkan tubuh yang cedera setelah istirahat

Setelah mengistirahatkan tubuh selama satu atau dua hari, kamu bisa melakukan latihan lagi untuk menggerakan anggota tubuh yang cedera. Mulailah latihan dengan melakukan olahraga ringan agar fungsi jaringan dan otot dalam tubuh tetap terjaga.

Konsumsi obat bila perlu

Walaupun hanya mengalami cedera ringan, namun tak sedikit yang menimbulkan rasa nyeri. Jika rasa nyeri itu tidak tertahankan atau bahkan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri untuk mengatasi keluhan tersebut.  

Biasanya obat pereda nyeri dapat membantu meredakan keluhan seperti otot tegang atau otot tertarik.

Latih kembali stabilitas sendi

Jika kondisimu mulai membaik, mulailah untuk melakukan latihan stabilitas sendi. Melatih stabilitas sendi berguna agar pergerakan tubuh kembali normal setelah beberapa waktu sendimu tidak digerakkan. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU