spot_img
Jumat, Mei 27, 2022
spot_img

5 Makanan Untuk Mengatasi Anemia, Simple dan Enak!

Anemia atau yang biasa disebut kurang darah terjadi ketika jumlah sel darah merah dalam tubuh kurang dari jumlah yang semestinya. Kondisi ini bisa menyebabkan pasokan oksigen ke dalam otak menjadi berkurang sehingga terkadang menyebabkan pusing, sakit kepala bahkan mudah mengantuk. Lalu apa saja makanan untuk mengatasi anemia atau kurang darah?

Biasanya jika sampai mengganggu pada aktivitas sehari-hari, orang yang anemia akan di sarankan dokter untuk meminum vitamin zat besi dan juga vitamin B untuk membantu kondisi badan agar tetap fit. Berikut 5 makanan penambah darah yang simple dan juga enak, antara lain :

- Advertisement -

Baca juga : 5 Jenis Minuman Pereda Batuk yang Mudah Dibuat

Kurma

Buah yang sangat disukai Rasulullah SAW ini kaya akan mineral yang baik untuk kesehatan. Kurma memiliki banyak khasiat, salah satunya bisa untuk mengatasi anemia.

Selain mengandung banyak mineral, kurma juga kaya akan kandungan serat, protein, zat besi dan vitamin B6. Cukup konsumsi 7 butir kurma dalam sehari atau 2 sendok makan sari kurma untuk mengatasi anemia dan menjaga agar tubuh tetap fit sepanjang hari.

Tomat dan wortel

Tomat dan wortel merupakan sumber vitamin A yang baik untuk membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Biasanya orang yang mengalami difiensi zat besi, di sarankan untuk  mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A.

Vitamin A berperan agar tubuh mampu menyerap zat besi dan zinc dengan baik.

Daging merah

Sudah menjadi hal umum jika orang yang anemia di sarankan untuk mengkonsumsi daging merah. Hal ini di karenakan daging merah banyak mengandung vitamin B12.

Vitamin B12 berguna untuk meningkatkan fungsi sumsum tulang belakang sehingga mampu memproduksi sel darah merah dalam jumlah normal.

Daging merah yang terdapat pada daging sapi, daging kambing ataupun daging domba memiliki kadar mineral yang tinggi. Namun perlu di ingat, jika kamu memiliki riwayat penyakit kolesterol, sebaiknya perhatikan asupan daging merah ini supaya tidak berlebihan.

Kacang hijau

Kacang hijau memiliki kandungan asam folat yang tinggi serta vitamin B9 yang mampu meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh. Selain kacang hijau, kacang polong dan kacang merah pun memiliki nutrisi yang sama bagusnya.

Stroberi

Makanan untuk mengatasi anemia yang terakhir adalah buah stroberi. Buah kesukaan banyak orang ini kaya akan vitamin C. Vitamin C yang cukup dalam tubuh dapat membantu memperlancar proses penyerapan zat besi. Selain buah stroberi, buah jeruk, nanas, dan mangga juga memiliki kandungan vitamin C (Willy/Djavatoday)

Perhatikan 5 Hal Ini Agar Tetap Bisa Bekerja di Awal Masa Kehamilan

Pada masa sekarang, banyak wanita memilih untuk tetap bekerja meski telah berumah tangga. Namun sebagaimana fitrah wanita pada umumnya, mereka akan mengalami fase kehamilan...

5 Bahan Alami Untuk Mengatasi Infeksi Jamur Kulit

Infeksi jamur kulit memang sangat mengganggu. Selain rasa gatal yang ditimbulkan, keberadaan jamur ini akan sangat mengganggu penampilan jika berada di area tubuh yang...

5 Manfaat Pijat Refleksi Bagi Kesehatan Tubuh

Pijat refleksi merupakan praktik medis alternatif yang melakukan penekanan oleh ibu jari atau jari lainnya pada titik-titik di bagian tangan atau kaki. Biasanya, orang...

5 Rekomendasi Sleeping Mask Agar Kulit Terasa Lembab dan Cerah di Pagi Hari

Sleeping mask merupakan masker wajah yang praktis digunakan, tidak perlu dibilas dan diaplikasikan menjelang tidur. Meskipun begitu, sleeping mask mempunyai segudang manfaat terutama untuk...
spot_img

Terpopuler

Lainnya