Minggu, Oktober 17, 2021

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Menginjak Usia Kehamilan Trimester Ketiga

Saat memasuki usia kehamilan trimester ketiga, perasaan senang sekaligus bahagia akan Mama rasakan karena tak lama lagi akan berjumpa dengan sang buah hati. Namun meski begitu, Mama tetap harus berhati-hati menjaga kandungan Mama pada fase ini.

Agar kondisi bayi tetap sehat hingga lahir, ada beberapa hal yang sebaiknya Mama hindari saat memasuki usia kehamilan trimester ketiga, diantaranya :

Baca juga:

Baca juga : 10 Pantangan Makanan dan Minuman Saat Promil

Melakukan aktivitas dan olahraga berat

Mama boleh melakukan aktivitas seperti biasa, namun sebaiknya hindari aktivitas berat yang bisa membuat Mama kelelahan, seperti mengangkat barang yang berat, atau membersihkan rumah sendirian. Mintalah bantuan suami ataupun kerabat jika memang ada aktivitas berat yang harus dilakukan

Sama halnya dengan melakukan olahraga. Ibu hamil memang disarankan untuk rutin melakukan olahraga ringan untuk menjaga kesehatannya, namun sangat tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga berat karena dapat membahayakan kandungan.

Hindari memakai high heels

Sebenarnya saat pertama kali Mama mengetahui bahwa Mama sedang hamil, saat itu pula Mama dianjurkan untuk stop menggunakan high heels. Memakai sepatu high heels sangat beresiko jika digunakan oleh ibu hamil apalagi jika sudah menginjak usia kehamilan trimester ketiga.

Penggunaan high heels memang sebaiknya dihindari karena tubuh Mama dikhawatirkan tidak bisa menjaga keseimbangan dengan baik. Apalagi high heels juga tak jarang membuat penggunanya terjatuh dan terpeleset. Selain itu menggunakan high heels dalam waktu yang lama tidak baik untuk kesehatan karena dapat menyebabkan kram pada kaki.

Naik pesawat

Saat memasuki usia kehamilan trimester ketiga, Mama disarankan untuk tidak bepergian dengan menggunakan pesawat. Hal ini dilakukan agar Mama terhindar dari kondisi yang tidak diinginkan seperti melahirkan di dalam pesawat.

Namun, jika memang ada hal penting yang memaksa Mama untuk melakukan penerbangan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Mama.

Mengonsumsi durian

Durian mengandung glukosa, gas, kolesterol dan juga alkohol yang dapat menyebabkan perut Mama terasa kembung dan memicu kontraksi. Kalau Mama ngidam durian pada usia kehamilan trimester ketiga, sebaiknya ditahan dulu ya.

Jika Mama masih ragu dengan pernyataan ini, Mama bisa konsultasi langsung dengan dokter. Mengonsumsi durian dalam jumlah sedikit memang diperbolehkan, tapi itupun jika kondisi kandungan Mama sehat dan tidak ada riwayat medis yang membahayakan.

Berendam air hangat

Berendam air hangat memang dapat membuat tubuh menjadi rileks, namun tidak bagi ibu hamil. Berendam air hangat dapat meningkatkan risiko Mama mengalami penurnan tekanan darah. Jika tekanan darah menjadi turun, hal ini bisa menyebabkan asupan nutrisi dan oksigen kepada janin menjadi berkurang. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU