Minggu, Oktober 17, 2021

5 Cara Mengobati Mata Lelah yang Sering Dialami

Beberapa hal seringkali menyebabkan mata menjadi lelah. Mulai dari menatap layar komputer atau layar gadget dalam waktu yang lama, menyetir dengan jarak tempuh yang lumayan jauh, atau kegiatan membaca dengan durasi yang begitu panjang. Lalu bagaimana caranya mengobati mata lelah?

Gejala yang dapat ditimbulkan dari mata lelah yaitu mata menjadi kering, pedih, berair, gatal hingga nyeri. Bahkan pada beberapa kasus, mata lelah bisa menyebabkan nyeri leher, nyeri punggung hingga sakit kepala. Untuk menghindari kondisi seperti itu, berikut kami sajikan tips untuk mengobati mata lelah, diantaranya :

Kompres mata

Baca juga:

Kompres mata adalah salah satu cara untuk membuat mata menjadi lebih rileks. Kamu bisa mengompresnya dengan menggunakan air dingin ataupun air hangat. Caranya sangat mudah, kamu tinggal ambil handuk bersih kemudian masukan ke dalam baskom yang berisi air dingin atau air hangat.

Peras handuknya hingga kering, kemudian letakan kompres tersebut di matamu. Kamu bisa lakukan kompres mata ini dengan posisi tiduran. Diamkan kompres tersebut selama 5-10 menit.

Alihkan pandangan

Ketika mata mulai terasa pedih saat sedang membaca atau menatap layar komputer, coba alihkan pandanganmu sejenak ke arah objek lain yang jaraknya cukup jauh. Cara ini bisa mengurangi kondisi mata lelah yang dialami. Dengan melakukannya beberapa kali, kamu bisa terhindar dari kondisi mata lelah.

Atur pencahayaan dengan baik

Bagi kamu yang terlalu sering menatap layar komputer dalam durasi waktu yang lama karena tuntutan pekerjaan, sebaiknya kamu atur pencahayaan komputer dengan baik agar tidak menyebabkan matamu menjadi lelah.

Pastikan pencahayaannya tidak terlalu terang ataupun tidak terlalu redup. Perhatikan juga jarak pandangmu ke layar komputer agar matamu tidak cepat lelah.

Gunakan teh celup atau mentimun

Selain kompres dengan air dingin ataupun air hangat, kamu bisa mengobati mata lelah dengan mengompres mata menggunakan teh celup atau buah mentimun.

Untuk teh celup, kamu hanya perlu mencelupkan terlebih dahulu tehnya ke dalam air hangat lalu peras. Kemudian tempelkan ke mata yang lelah.

Jika menggunakan mentimun, kamu bisa mengambil 2 buah potongan mentimun, kemudian tempelkan ke mata.

Mengedipkan mata lebih sering

Jika matamu terasa kering, sebaiknya kedipkan matamu secara intens. Dengan sering berkedip, itu akan membuat matamu menjadi lembab dan terhindar dari mata kering. Selain berkedip, kamu juga bisa memejamkan mata sekitar 5-10 menit ketika matamu mulai terasa lelah. Kamu juga bisa menggunakan obat tetes mata untuk mengobati kondisi mata kering akibat mata lelah. (Willy/Djavatoday)

Baca juga : Dampak Terlalu Banyak Minum Kopi, Jangan Lebih dari 4 Cangkir Sehari

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU