Minggu, Oktober 17, 2021

4 Cara Mudah Mengatasi Lemak di Perut Tanpa Olahraga

Perut buncit bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk gaya hidup yang tidak sehat, pola makan yang tidak teratur dan terlalu banyak mengkonsumsi junk food. Banyak orang memilih cara untuk berolahraga secara rutin untuk mengatasi lemak di perut, tapi tahukah kamu bahwa lemak di perut juga bisa diatasi tanpa olahraga?

Lemak yang menumpuk dalam perut disebut lemak visceral (visceral fat). Kondisi seperti ini menyebabkan penampilan tubuh menjadi tidak menarik dan juga bisa berimbas pada penyakit lainnya. Lalu bagaimana cara mengatasi lemak perut? Berikut ulasannya.

Baca juga:

Baca juga : 5 Kebiasaan Tidak Sehat yang Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Mengontrol porsi makanan

Cara mudah mengatasi lemak di perut yang pertama adalah dengan mengontrol porsi makanan. Mengontrol porsi makanan bertujuan untuk menjaga agar asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita tetap terkendali. Porsi makan yang cukup juga dapat menghindarkan kita dari kebiasaan makan berlebihan yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Cara mudah mengontrol porsi makanan adalah dengan menggunakan piring yang lebih kecil. Hal ini membuat kamu makan dalam jumlah kalori yang lebih sedikit. Selain untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, mengontrol porsi makan juga dapat mengatasi lemak di perut.

Kunyah makanan secara perlahan

Cara untuk mengatasi lemak di perut yang kedua adalah dengan mengunyah makanan secara perlahan. Mengunyah makanan secara perlahan dapat menghindarkan kamu dari risiko perut buncit. Hal ini dikarenakan mengunyah makanan secara perlahan dan benar dapat membuat rasa kenyang lebih lama karena makanan dapat dicerna oleh tubuh secara optimal.

Sebuah studi juga menunjukan bahwa orang yang mengunyah makanan dengan cepat cenderung mengalami penambahan berat badan dibandingkan dengan orang yang mengunyah makanan secara perlahan.

Hindari stress dan tidur yang cukup

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kualitas tidur yang buruk bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan lebih susah untuk mengurangi lemak di perut.

Waktu tidur yang kurang juga bisa menyebabkan stress sehingga keinginan untuk makan menjadi lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena kurang tidur dapat mengganggu hormone pengatur nafsu makan yaitu leptin dan ghrelin. Hormon tersebut berfluktuasi sehingga bisa meningkatkan rasa lapar dan membuat kamu makan secara berlebihan.

Minum air putih secara teratur

Cara yang terakhir adalah meminum air putih secara teratur. Air adalah komponen yang paling penting dalam proses penurunan berat badan. Minum segelas air putih sebelum makan dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat tubuh kenyang lebih cepat.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang minum air putih sebelum makan kehilangan 44% lebih banyak berat badan dalam kurun waktu 12 minggu dibandingkan mereka yang tidak meminumnya.

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU