Rabu, Oktober 27, 2021

Jabar Mendapat Penghargaan Bidang Penanggulangan Kebencanaan

Berita Jawa Barat (Djavatoday.com),- Pemerintah Daerah Jawa Barat meraih Penghargaan Penanggulangan Bencana Pemerintah Provinsi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Penghargaan tersebut diterima Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dari Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bekasi pada Rabu (10 Maret 2021).

Jabar meraih penghargaan tersebut karena dinilai memiliki kinerja tinggi dan sinergi yang baik dengan daerah/kota. Jawa Barat meraih penghargaan tersebut bersama 13 provinsi lainnya, antara lain NTT, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Aceh, dan Papua.

Baca juga:

Selain tingkat provinsi, BNPB juga memberikan penghargaan kepada pemerintah kabupaten/kota. Kabupaten Bekasi menjadi satu-satunya tempat di Jawa Barat yang meraih penghargaan yang sama. Kabupaten Bekasi berbatasan dengan Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Maluku Tenggara dan Kabupaten Tabanan.

Wagub mengaku bangga dengan capaian Pemprov Jabar yang tak lepas dari peran Pemprov Jabar dan timnya yang fokus menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

“Penghargaan nasional ini bukan main-main. Menurut tupoksi yang ada, ada tingkat evaluasi kinerja tersendiri. Jabar jangan berpuas diri dengan penghargaan tersebut. Keberhasilan ini bukan berarti kita puas dengan bencana ini. Harapan akan adanya bencana tahun depan. Akan berkurang,” katanya.

Menurut Wagub, frekuensi bencana di Jabar akhir-akhir ini semakin meningkat, dan masyarakat perlu diingatkan untuk memperbaiki mentalitasnya. Umat ​​manusia telah melakukan banyak pembangunan yang sembrono dengan menebang pohon dan membuang sampah sembarangan.

“Kenapa bencana semakin sering terjadi sekarang, mungkin karena masyarakat tidak begitu mencintai lingkungan. Masyarakat tolong jaga lingkungan dengan cara yang tidak merusak lingkungan, sehingga terhindar dari bencana,” ujarnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU