Kamis, April 18, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ketahui Informasi Ini Sebelum Memikirkan Keuntungan Investasi Saham

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Seiring dengan bertambahnya wawasan, masyarakat mulai memahami bahwa selain dengan cara menabung, mereka juga perlu berinvestasi untuk menciptakan kondisi keuangan yang lebih baik di masa yang akan datang. Keuntungan investasi saham memang menjanjikan, namun kamu juga harus mengetahui risikonya.

Investasi di Indonesia biasanya dapat berupa property, surat berharga, logam mulia dan juga saham. Sebelum memikirkan keuntungan dari investasi saham, berikut ini beberapa informasi yang harus kamu pahami terlebih dahulu

Pengertian saham

Secara sederhana, saham merupakan salah satu bentuk penyertaan modal seseorang atau badan usaha pada suatu perusahaan. Oleh karena itu pihak yang menanam saham mempunyai hak atas pendapatan perusahaan, aset perusahaan dan juga berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Harga saham di pasar modal sering mengalami kenaikan ataupun penurunan. Hal ini terjadi karena adanya faktor penawaran dan permintaan. Jika permintaan tinggi, maka harga akan naik, namun jika penawaran tinggi maka harga saham akan turun.

Baca juga : 7 Cara Mengatur Keuangan untuk Pasangan Muda

Tidak mendapatkan dividen

Dividen merupakan bagian keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham. Jumlah dividen biasanya ditentukan oleh usulan dewan direksi perusahaan yang kemudian disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Biasanya, perusahaan akan membagikan dividen jika kondisi perusahaan tersebut sedang dalam kinerja yang baik. Namun jika perusahaan merugi atau mengalami penurunan kinerja, maka perusahaan tidak dapat membagikan dividen kepada para pemegang saham.

Pengertian mengenai capital loss

Saham merupakan jenis investasi yang mudah untuk diperjualbelikan. Jika kamu berhasil menjual sahammu dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan harga belinya, inilah yang dimaksud dengan capital gain.

Capital loss merupakan kebalikan dari capital gain. Hal ini terjadi jika harga saham yang kamu jual lebih rendah dibandingkan saat kamu membeli saham tersebut.

Apa itu saham delisting?

Kamu perlu berhati-hati jika suatu saat sahammu di-delisting dari Bursa Efek. Kondisi ini terjadi ketika Bursa Efek Indonesia (BEI) secara resmi menghapus suatu emiten di bursa saham.

Jika hal ini terjadi, maka saham yang kamu miliki sebelumnya akan di hapus sehingga tidak dapat di perdagangkan.

Risiko likuidasi

Hal terburuk yang harus kamu cermati ketika memulai investasi saham adalah risiko likuidasi. Kondisi ini terjadi ketika emiten mengalami kebangkrutan.

Jika emiten mengalami likuidasi, maka para pemegang saham masih memiliki hak klaim terakhir terhadap aktiva perusahaan. Namun jika seluruh aktiva perusahaan habis, maka para pemegang saham tidak akan memperoleh apa-apa. (Willy/Djavatoday)

Tips Menabung Efektif, Wajib Simak Biar Dana Teralokasi dengan Benar

Tips Menabung Efektif merupakan tips buat sobat djava yang merasa uangnya cepat habis atau pun tidak terkontrol pengeluarannya. Sobat djava pasti pernah menanyakan kemana...

Surat Pemberitahuan Tahun (SPT) Pajak, Segera Lapor Sebelum Kena Sanksi Denda!

Surat Pemberitahuan Tahunan atau biasa dikenal dengan SPT ini merupakan instrumen yang digunakan wajib pajak dalam melaporkan kekayaannya. Hal tersebut sudah berlaku mulai dari...

6 Rekomendasi Sayuran Cepat Panen yang Mudah ditanam

Rekomendasi sayuran cepat panen ini cocok buat kamu yang tertarik untuk berkebun. Berbagai jenis sayuran tentunya sangatlah bermanfaat dalam kehidupan. Makan sayur setiap hari...

5 Cara Membangun Personal Branding agar Hidupmu Terlihat Lebih Berkualitas

Cara membangun personal branding bisa kita lakukan mulai sekarang. Semakin cepat kamu membangun personal branding maka akan semakin baik. Personal branding dibutuhkan untuk membangun...

Terpopuler

Lainnya