Sabtu, April 20, 2024

5 Kesalahan Entrepreneur Pemula yang Sering Dilakukan

Memilih untuk menjadi seorang entrepreneur merupakan sebuah keputusan yang sangat berani. Sebab menjadi seorang entrepreneur memiliki risiko yang lumayan besar. Jika memang belum memahami betul dunia usaha, maka beberapa kesalahan bisa saja terjadi sehingga menyebabkan seorang entrepreneur pemula mengalami kegagalan.  

Selama merasakan pahit manisnya dunia usaha, seseorang bahkan bisa mengalami kegagalan hingga berkali-kali sebelum akhirnya dia bisa menciptakan dan membentuk produk yang benar-benar sesuai dengan keinginannya. Berikut ini 5 kesalahan yang sering terjadi pada entrepreneur pemula, antara lain :

Baca juga : 6 Ide Bisnis Minim Modal untuk Para Ibu Rumah Tangga

Bisnis karena hanya ingin mengikuti tren

Saat terjun ke dunia entrepreneur, kamu pasti sudah memiliki mimpi dan banyak rencana. Co-Founder Sang Pisang dan Founder Ternakopi, Ansari Kadir menyebutkan bahwa pentingnya menciptakan produk dengan matang sebelum benar-benar terjun ke medan perang.

Sebelum menciptakan sebuah produk, kamu juga harus melakukan riset dan menentukan target pasarnya. Jangan mudah terbawa arus karena bisnis seperti ini mudah dikalahkan oleh keadaan. Bisnis yang kamu jalani tidak boleh hanya sekedar ikut-ikutan tren apalagi jika tidak berasal dari hati.

Merasa tidak akan gagal

Banyak orang yang mempunyai rasa percaya diri berlebih dan beranggapan tidak akan gagal saat menjalani sebuah bisnis. Kamu tidak boleh memiliki sikap seperti ini karena ini bisa menjadi boomerang di kemudian hari.

Setelah memutuskan untuk menjadi seorang entrepreneur, kamu harus mempunyai mental dan hati yang kuat dalam menghadapi sebuah kegagalan.

Kamu harus mempunyai solusi dan pintar mencari jalan keluar jika suatu saat mengalami kegagalan. Jika bisnismu sudah berada di ujung tanduk, segera bereskan dan ganti dengan model bisnis lain yang masih relevan.

Perencanaan bisnis yang belum matang

Setidaknya ada 3 dari 7 usaha startup yang mati di tengah jalan karena tidak dijalankan dengan passion. Bisnis itu memiliki ‘nyawa’  sehingga harus dibarengi dengan hati. Setelah menemukan passion, maka langkah selanjutnya adalah menentukan rencana.

Setidaknya ada 3 hal penting yang perlu menjadi perhatian bagi seorang entrepreneur yaitu produk, marketing dan operations.

Sistem keuangan yang buruk

Walaupun bisnis yang kamu jalani adalah bisnis kecil atau bisnis rumahan, kamu tetap harus memiliki laporan keuangan yang baik. Dengan begitu, kamu bisa melihat perkembangan dari bisnis yang kamu jalani.

Jangan menganggap remeh masalah laporan keuangan, karena ini bisa jadi sumber kekacauan di kemudian hari jika kamu tidak bisa melakukannya dengan benar.

Takut merekrut orang baru

Kesalahan yang terakhir adalah kamu terus melakukan semuanya sendiri dan takut melimpahkan tugasmu pada orang lain. Padahal sikap seperti ini bisa membuat bisnismu sulit untuk berkembang. Jika kegiatanmu selama sehari 70% nya dihabiskan untuk mengurusi bisnis, berarti itu tandanya kamu harus merekrut seseorang untuk membantumu. (Willy/Djavatoday)

Tips Menabung Efektif, Wajib Simak Biar Dana Teralokasi dengan Benar

Tips Menabung Efektif merupakan tips buat sobat djava yang merasa uangnya cepat habis atau pun tidak terkontrol pengeluarannya. Sobat djava pasti pernah menanyakan kemana...

Surat Pemberitahuan Tahun (SPT) Pajak, Segera Lapor Sebelum Kena Sanksi Denda!

Surat Pemberitahuan Tahunan atau biasa dikenal dengan SPT ini merupakan instrumen yang digunakan wajib pajak dalam melaporkan kekayaannya. Hal tersebut sudah berlaku mulai dari...

6 Rekomendasi Sayuran Cepat Panen yang Mudah ditanam

Rekomendasi sayuran cepat panen ini cocok buat kamu yang tertarik untuk berkebun. Berbagai jenis sayuran tentunya sangatlah bermanfaat dalam kehidupan. Makan sayur setiap hari...

5 Cara Membangun Personal Branding agar Hidupmu Terlihat Lebih Berkualitas

Cara membangun personal branding bisa kita lakukan mulai sekarang. Semakin cepat kamu membangun personal branding maka akan semakin baik. Personal branding dibutuhkan untuk membangun...

Terpopuler

Lainnya